SOLOPOS.COM - Lukisan yang menggambarkan Tentara Salib menyerang Konstantnopel. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 13 April 1204, Tentara Salib berhasil menguasai Konstantinopel—kota yang kini dikenal sebagai Kota Istanbul di Turki—dalam Perang Salib IV.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-103—hari ke-104 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 13 April.2

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Tentara Salib yang menguasai Konstantinopel, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 13 April.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain mengenai Tentara Salib, pada 13 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 13 April:

Ekspedisi Mudik 2024

1111

Henry V dinobatkan sebagai pemimpin Kekaisaran Romawi menggantikan ayahnya, Henry IV, yang meninggal dunia. Ia adalah kaisar terakhir dari Dinasiti Salian yang memimpin Kekaisaran Romawi.

1204

Tentara Salib berhasil menguasai Konstantinopel—kota yang kini dikenal sebagai Kota Istanbul di Turki—dalam Perang Salib IV. Peristiwa tersebut sekaligus menjadi tanda runtuhnya Kekaisaran Bizantium. Meski sempat runtuh, Kekaisaran Bizantium bangkit kembali beberapa tahun kemudian.

1943

Kuburan massal dari Tahanan Perang Polandia yang dibunuh tentara Rusia ditemukan. Pihak Rusia membantah pembunuhan terhadap tahanan perang Polandia itu dilakukan pihak militernya. Penemuan kuburan massal itu memicu ketegangan kedua negara tersebut.

Franklin Delano Roosevelt. (Reuters)
Franklin Delano Roosevelt. (Reuters)

1943

Presiden ke-32 Amerika Serikat (AS) Franklin Delano Roosevelt meresmikan monumen yang dibangun di Washington D.C. untuk mengenang jasa Thomas Jefferson. Thomas dikenal sebagai bapak pendiri bangsa sekaligus presiden ke-3 AS.

1945

Militer Jerman membunuh lebih dari 1.000 tahanan perang dan tahanan politik di Gardelegen, Jerman. Peristiwa itu lantas dikenang dengan nama Pembantaian Gardelegen.

1964

Sidney Poitier menjadi orang berkulit hitam pertama yang memenangi gelar aktor terbaik dalam ajang Piala Oscar. Ia memenangi gelar tersebut setelah membintangi film berjudul Lilies of the Field yang dirilis setahun sebelumnya.

1972

Pertempuran An Loc yang melibatkan pihak Vietnam Utara dan Vietnam Selatan yang dibantu pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di An Loc, Provinsi Binh Long, Vietnam. Pertempuran tersebut berlangsung selama berbulan-bulan. Pihak Vietnam Selatan dan AS menjadi pemenang dalam pertempuran tersebut.

Mikhail Sergeyevich Gorbachev. (Reuters)
Mikhail Sergeyevich Gorbachev. (Reuters)

1987

Presiden Amerika Serikat (AS) Ronald Raegan mengundang pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev ke AS untuk kali kedua. Gorbachev menolak undangan Regan itu untuk kali kedua setelah beberapa hari sebelumnya ia juga diundang untuk ke AS oleh Raegan. Gorbachev menolak undangan tersebut karena ia merasa semua orang AS tak bisa dipercaya.

1989

Tentara Israel melakukan serangan di sebuah desa di Tepi Barat. Serangan itu menewaskan enam warga Palestina. Israel menyerang desa tersebut demi meredam perlawanan rakyat Palestina terhadap tentara Israel.

1992

Putri Anne Elizabeth Alice Louise, anak dari Ratu Inggris Elizabeth II, resmi bercerai dengan suaminya, Mark Phillips, yang menikahinya pada 1973. Sebelum resmi bercerai, Anne dan Mark sudah pisah ranjang selama kurang lebih dua tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya