SOLOPOS.COM - Dokumentasi Tragedi Trisakti. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Peristiwa yang disebut sebagai Tragedi Trisakti terjadi pada 12 Mei 1998. Tragedi itu merupakan kerusuhan pada demonstrasi mahasiswa Universitas Trisakti yang mengkritik pemerintahan Orde Baru dan berujung kerusuhan hingga menewaskan empat mahasiswa.

Tragedi Trisakti merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 12 Mei.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Tragedi Trisakti, masih banyak peristiwa bersejarah pada 12 Mei yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 12 Mei, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

907

Kaisar Dinasti Tang, Ai Tang, dipaksa untuk turun takhta oleh petinggi militernya, Zhu Wen. Turunnya Ai Tang sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Tang di Tiongkok yang sudah berlangsung hampir 300 tahun.

Lukisan terkenal karya Jacques-Louis David bertajuk Napoleon Melintasi Alpen. (Wikimedia.org)
Lukisan terkenal karya Jacques-Louis David bertajuk Napoleon Melintasi Alpen. (Wikimedia.org)

1797

Pasukan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil menaklukkan Venesia dan mengakuisisi wilayah Venesia. Peristiwa itu adalah salah satu dari serangkaian peristiwa yang terjadi selama Perang Koalisi Pertama.

1926

Pemogokan kerja massal buruh di Inggris berakhir. Meski sempat melakukan pemogokan massal dan menuntut perubahan upah dan sistem kerja, pemerintah Inggris tak melakukan perubahan apa pun dan tak menggubris tuntutan para buruh.

1942

Pasukan Uni Soviet melancarkan serangan besar-besaran di kawasan Izium di timur Ukraina. Serangan itu dilancarkan demi mengusir tentara Jerman yang berjumlah sangat sedikit di kawasan tersebut.

1943

Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill bertemu di Washington D.C, AS dalam Konferensi Trident. Dalam konferensi tersebut, AS dan Inggris membicarakan strategi untuk menginvasi kawasan Normandia.

Mick Jagger. (Reuters)

1971

Vokalis band rok legendaris The Rollng Stones, Mick Jagger, menikahi Bianca Perez Morena de Macias di Kota Saint Tropes di Perancis. Pernikahan Mick Jagger dan Bianca Perez hanya bertahan selama tujuh tahun.

1978

Pemberontakan di Kongo semakin membesar dengan didudukinya Kota Kolwezi oleh pasukan pemberontak. Pemerintah setempat meminta bantuan pihak Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Belgia untuk meredam pemberontakan.

1998

Demonstrasi mahasiswa Universitas Trisakti yang mengkritik pemerintahan Orde Baru dan keruntuhan ekonomi akibat krisis finansial Asia 1997 di Jakarta, Indonesia berujung kerusuhan. Empat mahasiswa tewas dalam insiden yang lantas disebut Tragedi Trisakti itu. Tragedi tersebut memicu Kerusuhan Mei 1998 yang berujung mundurnya Presiden Soeharto.

2003

Serangan bom bunuh diri melanda ibu kota Arab Saudi, Riyadh. Serangan tersebut menewaskan 26 termasuk 9 orang warga Amerika Serikat (AS).

2006

Gambar kartun yang dibuat kartunis Mana Neyestani dan dimuat di sebuah surat kabar di Iran menjadi sebuah kontroversi. Kartun tersebut dianggap telah menghina orang-orang Azerbaijan yang tinggal di Iran. Karena kartun tersebut, sempat terjadi kerusuhan besar-besaran di sejumlah daerah di Iran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya