SOLOPOS.COM - Menara Kembar World Trade Center di New York, AS terbakar setelah ditabrak dalam Serang 11 September 2001. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Empat serangan Al-Qaeda mendera sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS), termasuk Menara Kembar World Trade Center (WTC) di New York pada 11 September 2001

Serangan Al-Qaeda ke Amerika Serikat merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 11 September.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Amerika Serikat yang diserang Al-Qaeda, masih banyak peristiwa bersejarah pada 11 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 11 September, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1297

Salah satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan Skotlandia antara pasukan Skotlandia dan pasukan Inggris meletus di Jembatan Stirling, Stirling, Skotlandia. Pertempuran yang hanya berlangsung selama sehari itu berakhir dengan kemenangan Skotlandia dan menjadi salah satu kemenangan terbesar dari kubu Skotlandia selama Perang Kemerdekaan Skotlandia.

1565

Pasukan Kesultanan Ottoman menarik diri dari Malta sekaligus mengakhiri Pengepungan Besar Malta yang berlangsung hampir empat bulan. Pasukan Kesultanan Ottoman gagal menembus pertahanan Malta yang dijaga pasukan Kekaisaran Spanyol, Ksatria Hospitaller, dan penduduk Malta.

1697

Pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Kerajaan Hungaria berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman dalam Pertempuran Zenta di Zenta, Sanjak Segedin, Kesultanan Ottoman atau kini Senta, Vojvodina, Serbia. Dalam pertempuran itu, Kesultanan Ottoman kehilangan sekitar 30.000 tentaranya yang tewas di medan pertempuran.

1709

Pasukan Inggris, Kekaisaran Romawi Suci, Belanda, dan Prusia—yang disebut Aliansi Agung—menyerang wilayah kekuasaan Prancis di Malplaquet dan memicu Pertempuran Malplaquet. Meski mendapatkan bantuan pasukan dari Bayern, Prancis tak mampu mengalahkan pasukan Aliansi Agung yang membawa tentara lebih banyak. Dalam pertempuran itu, pasukan Aliansi Agung terdiri atas 86.000 tentara, sedangkan Prancis yang dibantu Bayern hanya mengerahkan 75.000 tentara.

1714

Pasukan Spanyol pimpinan Raja Philip V yang dibantu Prancis berhasil menduduki ibu kota Catalonia, yakni Barcelona, setelah mengepungnya sejak 25 Juli 1713. Dengan dikuasainya Barcelona, Catalonia lantas menjadi wilayah kekuasaan Spanyol hingga kini.

1941

Pentagon mulai dibangun di Arlington, Virginia, Amerika Serikat (AS). Pentagon merupakan kantor utama angkatan bersenjata AS. Pembangunan Pentagon selesai dalam waktu 18 bulan.

1944

Angkatan Udara Inggris membombardir Kota Darmstadt, Jerman. Serangan itu menyebabkan kebakaran besar dan menewaskan sekitar 11.500 orang.

1945

Stasiun penyiaran radio milik pemerintah Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI), resmi didirikan. Kini, 11 September diperingati sebagai Hari Radio Republik Indonesia.

1978

Dejan Stankovic lahir di Beograd, Yugoslavia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela dua klub besar di Italia, yakn Lazio dari 1998 hingga 2004 dan Inter Milan sejak 2004 sampai 2013. Sebelum gantung sepatu, Stankovic telah mencetak 22 gol dari 137 penampilannya bersama Lazio di Liga Italia dan 29 gol dari 231 penampilannya kala membela Inter Milan di Liga Italia.

2001

Empat serangan mendera sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS). Konon, serangan itu bermula dari pembajakan empat pesawat, dua pesawat digunakan untuk menabrak Menara Kembar World Trade Center alias WTC di New York, satu pesawat untuk menyerang Pentagon di Arlington, dan satu pesawat jatuh di lapangan dekat Shanksville. Serangan di Amerika Serikat yang diyakini dilakukan kelompok Al-Qaeda dan didalangi Osama bin Laden itu menewaskan 2.996 orang termasuk para pembajak pesawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya