Panorama Vatikan. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Vatikan resmi menjadi negara berdaulat, 11 Februari 1929. Kedaulatan Vatikan diraih melalui Perjanjian Lateran yang ditandatangani Vatikan dan Kerajaan Italia.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 11 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 11 Februari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 11 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1177
Pasukan Inggris yang dipimpin John de Courcy mengalahkan suku Dunleavey di Ulster. Peristiwa itu menandai penguasaan Inggris di Ulster. Kini, wilayah Uslter menjadi provinsi yang masuk dalam wilayah Irlandia Utara dan sebagian wilayahnya lagi menjadi milik Republik Irlandia.

Raja Inggris Henry VIII. (Wikimedia.org)
Raja Inggris Henry VIII. (Wikimedia.org)

1534
Raja Inggris Henry VIII dinobatkan sebagai pemimpin Gereja Inggris setelah gereja tersebut memisahkan diri dari Gereja Katolik Roma. Pemisahan itu didasari sejumlah perbedaan pendapat antara Henry dan pemimpin Gereja Katolik Roma yang disebut paus.

1929
Vatikan resmi menjadi negara berdaulat setelah Perjanjian Lateran ditandatangani pihak Vatikan dan Kerajaan Italia. Kini, Vatikan memiliki area seluas 44 ha, dan penduduk 842 jiwa.

1932
Pasukan Jepang mengebom markas Marinir Amerika Serikat (AS) di dekat Kanada. Peristiwa itu menewaskan 17 marinir AS dan dua warga sipil. Sesaat setelah peristiwa itu terjadi, Jepang melontarkan permintaan maaf dan menyatakan serangan itu telah salah sasaran. Jepang menyatakan pengeboman tersebut sebenarnya ditargetkan ke pasukan Tiongkok yang berada di Jalur Markham, Kanada.

1942
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Inggris meletus di Bukit Batok, Bukit Panjang, dan Bukit Timah, Singapura. Jepang berhasil memenangi pertempuran tersebut dan menguasai Bukit Batok, Bukit Panjang, dan Bukit Timah, setelah bertempur selama dua hari.

1943
Jenderal Angkatan Darat Amerika (AS) Dwight D. Eisenhower terpilih sebagai komandan pasukan Sekutu di Eropa. Eisenhower adalah jenderal yang kemudian terpilih sebagai presiden ke-34 AS pada 1953.

Winston Churchill, Franklin D. Roosevelt, dan Josef Stalin (kiri ke kanan) di Yalta, 1945. (Wikimedia.org)
Winston Churchill, Franklin D. Roosevelt, dan Josef Stalin (kiri ke kanan) di Yalta, 1945. (Wikimedia.org)

1945
Konferensi Yalta yang diikuti Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, dan pemimpin Uni Soviet Josef Stalin di Yalta, Uni Soviet berakhir. Dalam konferensi itu, ketiga pemimpin tersebut menandatangani Perjanjian Yalta untuk mengendalikan wilayah Eropa setelah Sekutu mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II. Dalam perjanjian itu juga terdapat pembagian wilayah Eropa yang sempat dikuasai Jerman.

1971
Sebanyak 87 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Uni Soviet, menandatangani Perjanjian Persenjataan Dasar Laut. Perjanjian tersebut melarang penggunaan senjata nuklir di perairan internasional.

1972
Steven Mc Manaman lahir di Kirkdale, Lancashire, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, 1990-1999. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu telah menciptakan 46 gol dari 272 penampilannya di Liga Inggris bersama Liverpool. Sebelum pensiun pada 2005, Mc Manaman sempat membela Real Madrid dan Manchester City.

2008
Para pemberontak Timur Leste yang sebagian merupakan anggota militer mendatangi rumah Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta demi membunuh sang presiden. Jose sempat tertembak oleh para pemberontak. Beruntung, ia tak tewas dalam penembakan tersebut. Pemimpin pemberontak yang juga anggota militer Timor Leste kala itu, Alfredo Reinado, justru tewas tertembak dalam peristiwa tersebut.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten