SOLOPOS.COM - Yerusalem. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 10 Mei 70, pasukan Kekaisaran Romawi di bawah pimpinan Pangeran Titus, putra Kaisar Vespasian, melancarkan serangan besar-besaran ke Yerusalem.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-130—hari ke-131—dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 10 Mei.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Romawi yang menyerang Yerusalem, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 10 Mei.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Romawi yang menyerang Yerusalem, pada 10 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 10 Mei:

Ekspedisi Mudik 2024

70

Pasukan Kekaisaran Romawi di bawah pimpinan Pangeran Titus, putra Kaisar Vespasian, melancarkan serangan besar-besaran ke Yerusalem. Serangan tersebut dilakukan pasukan Kekaisaran Romawi demi merebut Yerusalem dari tangan orang-orang Yahudi. Serangan itu berlangsung hingga September di tahun yang sama dan berakhir dengan kemenangan pasukan Romawi.

1655

Pasukan Inggris pimpinan Laksamana William Penn dan Jenderal Robert Venables berhasil merebut Jamaika dari cengkeraman Spanyol. Sebelumnya, Jamaika diklaim sebagai wilayah kekuasaan Spanyol melalui Christopher Colombus.

1773

Parlemen Inggris mengesahkan Undang-Undang Teh. Undang-undang tersebut dibuat demi menyelamatkan perekonomian Inggris dari monopoli perdagangan teh yang dilakukan negara-negara di Amerika Utara.

1933

Buku yang beredar di Jerman dan dianggap bertentangan dengan pemerintahan Nazi Jerman mulai disita dan dibakar. Peristiwa itu disebut-sebut sebagai awal mula tindakan fasisme dari pemerintahan Nazi Jerman di Eropa.

Winston Churchill. (Liputan6.com)

1940

Winston Churchill menjadi pemimpin pemerintahan koalisi setelah Perdana Menteri Inggris Neville Chamberlain mengundurkan diri. Chamberlain mengundurkan diri setelah Jerman menyerang Belanda, Belgia, dan Luksemburg melalui udara dan darat. Sehari kemudian, Winston Churcill juga menggantikan Chamberlain sebagai perdana menteri Inggris.

1940

Pertempuran yang melibatkan Jerman dan Italia melawan pasukan Prancis dan sekutunya dimulai. Pertempuran yang disebut Pertempuran Prancis itu berlangsung lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan Jerman dan Italia.

1940

Pasukan Inggris mendarat di Islandia untuk menduduki negara tersebut. Tak butuh waktu lama dan perlawanan berarti, Inggris dengan mudah menduduki Islandia.

1941

Wakil pemimpin Jerman Adolf Hitler, Rudolf Hess, terjun ke Skotlandia dengan alasan membawa misi perdamaian. Ia lantas ditangkap oleh tentara Inggris dan ditahan hingga Perang Dunia II berakhir pada 1945. Setelah itu, Hess juga dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan kejahatan perang dan meninggal pada 1987.

Dennis Bergkamp. (Transfermarkt.com)

1969

Dennis Bergkamp lahir di Amsterdam, Belanda. Ia kemudian dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang aktif hingga 2006. Bergkamp adalah tokoh yang dipuja bagi penggemar klub sepak bola asal Inggris, Arsenal, karena dedikasinya terhadap klub tersebut. Bergkamp membela Arsenal sejak 1995 hingga ia gantung sepatu pada 2006.

1994

Seorang pria bernama John Wayne Gacy dieksekusi mati di Illinois, Amerika Serikat setelah terbukri melakukan pembunuhan terhadap 33 pria dan anak lelaki yang ia perkosa antara tahun 1972 dan 1978. Atas rentetan tindakan kejinya, Gacy dijuluki sebagai The Killer Clown atau Badut Pembunuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya