Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Maret 1905, Chelsea Didirikan

Solopos.com, SOLO — Klub sepak bola Chelsea FC didirikan, 10 Maret 1905. Klub tersebut bermarkas di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, hingga kini.

Selain Chelsea didirikan, masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 10 Maret.

Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 10 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1607

Pasukan pimpinan Susenyos I mengalahkan pasukan Etiopia pimpinan Yaqob I dalam Pertempuran Gol di Gojjam, sebelah barat Etiopia. Keberhasilan Susenyos I mengalahkan Yaqob I sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai Kaisar Etopia.

Napoleon Bonaparte. (Wikimedia.org)
Napoleon Bonaparte. (Wikimedia.org)

1814

Pasukan Prancis pimpinan Napoleon Bonaparte diakalahkan pasukan gabungan Kerjaan Prusia dan Kekaisaran Rusia dalam Pertempuran Laon di Kota Laon, sebelah utara Prancis. Dalam kekalahan tersebut, Napoleon kehilangan sekitar 6.500 prajuritnya.

1905

Pendirian Klub sepak bola di Inggris, Chelsea FC, diresmikan di sebuah pub The Rising Sun–kini restoran The Butcher's Hook–di Fulham, London. Chelsea FC didirikan H.A. Mears setelah dirinya mengakuisisi Stadion Stamford Bridge yang masih digunakan sebagai markas klub tersebut hingga kini.

1917

Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala richter mengguncang Long Beach, California, Amerika Serikat (AS). Bencana tersebut menewaskan sedikitnya 140 orang.

1917

Pasukan Inggris mengalahkan dan mengusir pasukan Kekaisaran Ottoman yang menduduki Kota Baghdad, Irak. Sebelum merebut dan menduduki Kota Baghdad dari tangan Kekaisaran Ottoman, Inggris harus bersusah payah melakukan pertempuran selama beberapa hari. Dalam memperebutkan Kota Baghdad, Inggris mengerahkan 50.000 tentara, sedangakan pasukan Kekaisaran Ottoman hanya diperkuat sekitar 25.000 prajurit.

1942

Pasukan Jepang untuk kali ketiga mendarat di Australia dan berusaha menguasai negara tersebut. Kedatangan Jepang itu sekaligus untuk mengusir pasukan Sekutu dari Australia.

1957

Osama bin Laden lahir di Riyadh, Arab Saudi. Ia lantas dikenal luas sebagai pendiri organisasi Al-Qaeda. Ia juga dikenal luas di dunia karena dituduh sebagai otak di balik Serangan 11 September di Amerika Serikat (AS).

Dalai Lama Tenzin Gyatso. (Wikipedia.org)
Dalai Lama Tenzin Gyatso. (Wikipedia.org)

1959

Rakyat Tibet berkumpul mengelilingi kediaman Dalai Lama Tenzin Gyatso karena khawatir tentara Tiongkok yang menginvasi negara tersebut akan meculik Dalai Lama. Dalai Lama lantas dilarikan ke India untuk menjamin perlindungannya.

1975

Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki Kota Ban Me Thout di Vietnam Selatan setelah pertempuran sengit antara kedua negara tersebut. Padahal, dua tahun sebelumnya,

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho