Tutup Iklan
Hari Ini Dalam Sejarah: 10 Juli 1941, 1.600 Yahudi Dibantai di Polandia
Monumen pembantaian di Jedwabne, Polandia. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 1.600 orang Yahudi dibantai di Jedwabne, Polandia dilakukan penduduk setempat pada 10 Juli 1941.

Yahudi yang dibantai di Polandia merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 10 Juli.

Selain Yahudi yang dibantai di Polandia, masih banyak peristiwa bersejarah pada 10 Juli yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 10 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1941

Pembantaian terhadap orang Yahudi di Jedwabne, Polandia dilakukan penduduk setempat. Sebanyak 1.600 orang Yahudi dipaksa untuk masuk ke sebuah gudang yang kemudian dibakar.

1943

Operasi Husky yang direncakan pasukan Sekutu dimulai. Pada operasi itu, pasukan Sekutu menyerbu kawasan Sisilia, Italia. Pasukan Sekutu terhitung berhasil menjalankan operasi tersebut dengan mengalahkan pasukan Italia di Sisilia. Kemenangan atas Italia itu adalah salah satu kemenangan penting bagi Sekutu selama Perang Dunia II.

1951

Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) melakukan perundingan gencatan senjata di Kaesong, Korut untuk mengakhiri Perang Korea. Meski perundingan gencatan senjata sedang berjalan, pasukan Korsel dan Korut masih terus bertempur. Negosiasi gencatan senjata itu berlangsung alot hingga dua tahun lamanya. Pada 27 Juli 1953, proposal gencatan senjata dari India baru disetujui Korut, Tiongkok, dan PBB.

1962

Satelit komunikasi pertama di dunia, Telstar, diluncrukan NASA menggunakan roket Thor-Delta. Telstar mulai bisa memancarkan sinyal televisi trans-Atlantik dan sinyal telepon pada 23 Juli.

1964

Untuk kali pertama, The Beatles merilis album yang digunakan sebagai soundtrack untuk sebuah film. Album tersebut berjudul A Hard Day's Night yang digunakan untuk film dengan judul yang sama.

1973

Bahama meraih kemerdekaannya setelah 300 tahun dikuasai Inggris. Setelah merdeka, Bahama menjadi bagian dari Persemakmuran Inggris.

1985

Sebuah kapal yang dioperasikan Organisasi Pencinta Kelestarian Lingkungan Hidup Greenpeace, Rainbow Warrior, tenggelam di Pelabuhan Auckland, Selandia Baru. Agen rahasia Prancis dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab atas tenggelamnya Rainbow Warrior. Saat itu, para aktivitas Greenpeace juga mendapatkan teror besar-besaran karena menentang percobaan nuklir Perancis yang dilakukan di Pulau Muroroa, sekitar Polynesia.

1987

Kapal perang milik Iran menyerang kapal tanker super besar milik Amerika Serikat (AS) yang melintasi Teluk Persia. Meski tak menelan korban jiwa, serangan itu menyebabkan kebakaran hebat pada kapal tanker. Peristiwa itu juga memicu lonjakan harga minyak dunia.

2011

Kapal pesiar milik Rusia bernama Bulgaria tenggelam di perairan dekat Syukeyevo, Tatarstan, Rusia. Peristiwa itu menyebabkan 122 orang yang menumpangi kapal tersebut tewas.

2016

Portugal untuk kali pertama meraih gelar juara dalam ajang UEFA Euro Championship atau Kejuaraan Sepak Bola Eropa dengan mengalahkan tuan rumah Prancis. Portugal berhasil mengalahkan Prancis pada laga final di Stade de France, Saint-Denis, Prancis dengan skor 1-0. Satu-satunya gol pada laga itu diciptakan Ederzito Antonio Macedo Lopes di menit ke-109.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho