Hari Ini Dalam Sejarah: 10 April 1970, The Beatles Bubar
The Beatles. (Thebeatles.com)

Solopos.com, SOLO — Pada 10 April 1970, basis sekaligus vokalis The Beatles, Paul McCartney, mengumumkan bahwa The Beatles bubar. Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-100—hari ke-101 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 10 April. Selain The Beatles yang bubar, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 10 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain The Beatles bubar, pada 10 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 10 April:

1826

Sebanyak 10.500 penduduk Kota Missolonghi, Yunani, mulai meninggalkan kota setelah pasukan Kesultanan Ottoman mengepung kota tersebut. Sedikit dari mereka yang dapat bertahan hidup setelah meninggalkan kota.

1868

Pasukan Inggris dan pasukan India berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Etiopia pimpinan Tewodros II di Arogee, Etiopia. Diperkirakan ada 700 prajurit Etiopia yang tewas dalam pertempuran tersebut, sedangkan pasukan Inggris dan India hanya kehilangan dua tentaranya.

1815

Gunung Tambora di Sumbawa, Kepulauan Nusa Tenggara meletus dan debunya menyelimuti beberapa pulau di wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Letusan tersebut menyebabkan pendinginan global dan memicu hilangnya musim panas dalam setahun.

RMS Titanic. (Wikipedia.org)
RMS Titanic. (Wikipedia.org)

1912

Kapal pesiar RMS Titanic memulai pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menujui New York, Amerika Serikat. Namun kapal tersebut kemudian tenggelam lima hari kemudian setelah menabrak gunung es di perairan selatan Newfoundland, Kanada. Lantaran sedikitnya sekoci yang tersedia di kapal tersebut, tak semua penumpang berhasil diselamatkan. Sekitar 1.500 orang dipastikan tewas dalam kejadian tersebut.

1925

Novel karangan F. Scott Fitzgerald, The Great Gatsby, diterbitkan. Kini, novel tersebut menjadi bahan pelajaran wajib di sekolah-sekolah yang memiliki jurusan Sastra Amerika atau Sastra Inggris di seluruh dunia. Novel tersebut menceritakan sebuah kisah cinta rumit yang memiliki lokasi cerita di Long Island, New York City, New York, Amerika Serikat (AS).

1941

Jerman dan Itaia membentuk negara boneka di wilayah Yugoslavia yang sudah mereka kuasai dengan nama Negara Merdeka Kroasia. Negara tersebut kemudian runtuh pada 1945 menyusul kalahnya Jerman pada Perang Dunia II.

1945

Pasukan Uni Soviet berhasil merebut Ibu Kota Austria, Wina, yang sebelumnya dikuasai Jerman. Setelah berhasil merebut Wina, Uni Soviet bersama negara-negara anggota Sekutu melanjutkan serangan ke Berlin, Jerman demi mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II.

1970

Basis sekaligus vokalis The Beatles, Paul McCartney, mengumumkan pembubaran The Beatles. The Beatles bubar setelah terjadi perpecahan di antara anggotanya. Grup musik yang berdiri sejak 1960 itu tercatat telah menorehkan 12 album sebelum dinyatakan bubar.

1972

Di masa Perang Vietnam, pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) B-52 dilaporkan telah melakukan pengeboman di wilayah Vietnam Utara. Peristiwa itu merupakan yang pertama sejak pesawat tersebut terakhir kali beroperasi di Vietnam Utara pada November 1967.

Vincent Jean Mpoy Kompany. (Reuters)
Vincent Jean Mpoy Kompany. (Reuters)

1986

Vincent Jean Mpoy Kompany lahir di Uccle, Brussels, Belgia. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Inggris, Manchester City, sejak 2008 hingga 2019.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho