Hari Ini Dalam Sejarah: 1 Oktober 2005, Bali Diguncang Bom
Tayangan berita SCTV yang menyiarkan langsung peristiwa Bom Bali 2005, menggambarkan pecahan kaca di pinggir jalan yang berserakan dekat lokasi pengeboman. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 1 Oktober 2005, Serangan bom bunuh diri menyasar wilayah Kuta dan Jimbaran, Bali.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-274—hari ke-275 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 1 Oktober.

Selain bom yang mengguncang Bali, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 1 Oktober

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain bom di Bali, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Oktober:

331 SM

Pasukan Kekaisaran Makedonia pimpinan Alexander III berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Persia pimpinan Darius III dalam Pertempuran Gaugamela di dekat Gaugamela, Mosul yang kini menjadi bagian dari Irak. Atas kemenangan itu, Kekaisaran Makedonia berhasil seluruh menguasai Babilonia dan separuh wilayah yang sebelumnya dikuasai Persia.

1730

Pemimpin Kesultanan Ottoman, Ahmed III, harus turun dari takhtanya yang sudah ia kuasai selama 27 tahun. Ahmed III melepas takhtanya atas desakan para pemberontak yang terus menerus membuat keonaran di wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman.

1787

Pasukan Kekaisaran Rusia pimpinan Alexander Suvorov berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman di dekat Ozi, Kesultanan Ottoman atau kini Ochakiv, Ukraina. Kekalahan di salah satu pertempuran di masa Perang Rusia-Turki itu lantas memicu pasukan Ottoman untuk melakukan pengepungan di wilayah Ozi pada 1788.

1880

Pabrik lampu listrik pertama di dunia didirikan oleh Thomas Alva Edison di Michigan, Amerika Serikat (AS). Setahun sebelumnya, Thomas Alva Edison memang telah mengklaim sebagai penemu bola lampu pijar.

1939

Pasukan Jerman akhirnya berhasil menduduki Kota Warsawa di Belgia setelah melakukan pengepungan selama hampir sebulan. Kota Warsawa lantas dikuasai pasukan Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1943

Pasukan Sekutu berhasil merebut Kota Napoli dari kekuasaan Italia dan Jerman. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Sekutu membombardir kota tersebut. Akibat serangan Sekutu, Napoli menjadi kota yang paling hancur di Italia selama Perang Dunia II.

1946

Persidangan kasus-kasus yang melibatkan petinggi Nazi Jerman yang berlangung sejak 20 November 1945 berakhir. Para petinggi Nazi itu lantas dijatuhi hukuman mati atas tuduhan kejahatan perang di masa Perang Dunia II. Mereka lantas dieksekusi mati dengan cara digantung 15 hari setelah persidangan selesai.

1981

Julio Cesar Clemente Baptista lahir di Sao Paulo, Brasil. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub raksasa di Eropa, Real Madrid, dari 2005 hingga 2008. Kini, di usia 36 tahun, Baptista yang tak memiliki klub untuk bermain belum menyatakan pensiun. Terakhir, Baptista membela klub di Amerika Serikat (AS), Orlando City, hingga akhir 2016.

1991

Pasukan Yugoslavia mulai mengepung Kota Dubrovnik di Kroasia demi merebutnya dari pasukan Kroasia. Peristiwa yang terjadi di masa Perang Kemerdekaan Kroasia itu berlangsung hingga 31 Mei 1992. Meski sudah melakukan pengepungan selama lebih dari tujuh bulan, pasukan Yugoslavia gagal menguasai Kota Dubrovnik.

2005

Serangan bom bunuh diri menyasar wilayah Kuta dan Jimbaran, Bali. Akibatnya, 23 orang tewas dan 196 orang lainnya luka-luka. Pelaku bom bunuh diri dinyatakan ada hubungannya dengan kelompok Jemaah Islamiyah dan Al-Qaeda.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom