Hari Ini Dalam Sejarah: 1 Juli 1946, Cikal Bakal Polri Berdiri
Logo Polri saat ini. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Indonesia secara resmi mendirikan kesatuan polisi yang diberi nama Djawatan Kepolisian Negara pada 1 Juli 1946. Djawatan Kepolisian Negara yang berdiri merupakan cikal bakal Polri.

Cikal bakal Polri yang berdiri menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 1 Juli.

Selain Cikal bakal Polri yang berdiri, masih banyak peristiwa bersejarah pada 1 Juli yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1916

Pertempuran Somme yang melibatkan pasukan Inggris-Prancis dan pasukan Jerman meletus di Somme, Picardi, Prancis. pada hari pertama pertempuran tersebut, pihak Inggris mengalami kerugian besar karena harus kehilangan 19.000 tentaranya. Sementara 40.000 tentara Inggris juga mengalami luka berat. Pertempuran Somme berlangsung selama lebih dari empat bulan. Pertempuran itu menjadi salah satu pertempuran terbesar selama Perang Dunia I.

1932

Pasukan Jepang mulai menyerang kawasan Tiongkok bagian timur. Sebuah kantor bea cukai di Tiongkok berhasil diduduki tentara Jepang. Semua pegawai di kantor tersebut lantas diminta meninggalkan gedung.

1942

Sebuah pertempuran yang melibatkan pasukan Blok Poros dan Sekutu meletus di El Alamein, Mesir. Pertempuran itu pecah setelah pasukan Sekutu mencoba menghalau pasukan Blok Poros yang terus menerus melakukan invasi di wilayah Afrika bagian utara. Pertempuran tersebut berlangusng selama 27 hari dan dikenang dengan sebutan Perang El Alamein Pertama.

1946

Pemerintah Indonesia secara resmi mendirikan kesatuan polisi yang diberi nama Djawatan Kepolisian Negara. Hari pendirian Jawatan itu kini diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Kini, kesatuan polisi di Indonesia memiliki nama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

1960

Setelah meraih kemerdekaan penuh dari Inggris, Ghana secara resmi menjadi negara republik. Kwame Nkrumah lantas menjadi presiden di negara tersebut setelah Ratu Elizabeth II secara resmi tak lagi menjadi kepala negara di Ghana.

1963

Kode ZIP untuk kali pertama dikenalkan di Amerika Serikat (AS). Kode ZIP adalah kombinasi angka yang digunakan sebagai kode untuk alamat surat yang dituju. Kode ZIP dipilih karena dianggap dapat mempermudah dan mempercepat pengiriman surat.

1976

Rutgerus Johannes Martinius Ruud van Nistelrooij lahir di Oss, Brabant Utara, Belanda. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola ternama dan lebih dikenal dengan nama Ruud van Nistelrooy. Ia pernah membela sejumlah klub besar di Eropa, antara lain Manchester United dan Real Madrid. Sebelum gantung sepatu pada 2012, Nistelrooy sempat membela Malaga selama satu musim.

1990

Pemerintah Jerman Timur bersedia memakai Mark Jerman—mata uang Jerman Barat—sebagai mata uang resmi. Pemakaian Mark Jerman itu menjadi tanda bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur dalam hal ekonomi. Hal tersebut sekaligus menjadi tanda Jerman Barat dan Jerman Timur akan kembali bersatu tak lama kemudian.

1991

Pakta Warsawa secara resmi berakhir setelah perwakilan dari negara anggotanya melakukan pertemuan di Praha, Cekoslowakia. Pakta Warsawa adalah aliansi militer negara-negara Blok Timur di kawasan Eropa Timur yang bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari NATO. Pakta Warsawa ditandatangani pada 1955. Negara yang pernah menjadi anggota Pakta Warsawa antara lain Uni Soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, Cekoslowakia, dan Albania.

1997

Inggris menyerahkan wilayah Hong Kong kepada pemerintah Tiongkok. Sebelumnya, sesuai hasil dari Konvensi Peking, wilayah Hong Kong menjadi kekuasaan Inggris sejak 1860 menyusul kekalahan Tiongkok dalam Perang Opium Pertama.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho