Tutup Iklan -->
Hari Ini Dalam Sejarah: 1 April 1933, Nazi Mulai Menindas Yahudi
Adolf Hitler, pemimpin Partai Nazi sekaligus pemimpin Jerman. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 1 April 1933, Nazi Jerman menindas kaum Yahudi di Jerman. Bisnis-bisnis milik orang Yahudi di Jerman juga diboikot demi melemahkan ekonomi orang Yahudi.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-91—hari ke-92 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 29 Maret.

Selain Nazi yang mulai menindas Yahudi, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 1 April.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Nazi mulai menindas Yahudi, pada 1 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 1 April:

325

Putra Mahkota Dinasti Jin yang menguasai wilayah Tiongkok sebelah timur, Jin Chengdi, diangkat menjadi kaisar menggantikan ayahnya, Jin Mingdi, yang meninggal dunia. Jin Cengdhi diangkat menjadi kasiar pada usia empat tahun.

527

Kaisar Bizantium, Justin I, menunjuk keponakannya, Justinian I menjadi kaisar-bersama. Justinian diberi wewenang mengatur wilayah Kekaisaran Bizantium sebelah timur.

1933

Nazi Jerman menindas kaum Yahudi di Jerman. Bisnis-bisnis milik orang Yahudi di Jerman juga diboikot demi melemahkan ekonomi orang Yahudi. Peristiwa itu menjadi awal penindasan terhadap kaum Yahudi oleh Nazi Jerman.

1941

Sekitar 2.000 warga sipil Rumania dibantai tentara Uni Soviet yang sedang bertugas di daerah perbatasan. Peristiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Fantana Alba karena terjadi di dekat Desa Fantana Alba di Rumania.

Kapal tempur Jepang, Yamato, meledak setelah diserang pesawat-pesawat terbang Amerika Serikat dalam Pertempuran Okinawa. (Wikipedia.org)
Kapal tempur Jepang, Yamato, meledak setelah diserang pesawat-pesawat terbang Amerika Serikat dalam Pertempuran Okinawa. (Wikipedia.org)

1945

Pertempuran Okinawa meletus antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Pasukan AS menyerang pasukan Jepang di Okinawa, Jepang.

1954

Presiden Amerika Serikat (AS) Dwight D. Eisenhower meresmikan pendirian Akademi Angkatan Udara AS di Colorado. Pendirian akademi tersebut bertujuan untuk memperkuat pertahanan udara AS.

Richard Nixon. (Reuters)
Richard Nixon. (Reuters)

1970

Setahun setelah menjabat sebagai presiden Amerika Serikat (AS), Richard Nixon, menandatangani undang-undang pembatasan iklan rokok di AS. Dalam undang-undang tersebut disebutkan segala macam produk rokok dilarang dipromosikan melalui televisi maupun radio.

1990

Ribuan narapidana di Penjara Strangeways, Manchester, Inggris mengamuk dan membuat keadaan di dalam penjara menjadi kacau. Para narapidana itu memprotes keadaan di dalam penjara yang penuh sesak. Kekacauan itu berlangsung kurang lebih 25 hari.

2001

Mantan Presiden Yugoslavia, Slobodan Milosevic, menyerahkan diri kepada polisi setelah menjadi buronan dalam beberapa waktu. Ia dituduh telah melakukan sebuah kejahatan perang, yakni pembantaian warga sipil di Bosnia, Kroasia, dan Kosovo.

2009

Albania dan Kroasia resmi bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Dengan begitu, NATO memiliki anggota sebanyak 28 negara.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho