Hari Ini 6 Tahun Lalu, Ini Foto-Foto Solo Berselimut Abu Gunung Kelud
Patung Brigjend Slamet Riyadi yang merupakan salah satu ikon Kota Solo saat tertutup abu vulkanis letusan Gunung Kelud. (Sunaryo Haryo Bayu/Solopos)

Solopos.com, SOLO - Letusan Gunung Kelud pada 13 Februari 2014 menjadi salah satu bencana paling parah sepanjang sejarah Indonesia. Hujan abu vulkanik Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, menyebar hingga ke Jawa Barat.

Hujan abu vulkanik Gunung Kelud membuat tujuh bandara dari Jawa Timur hingga Jawa Barat ditutup. Alhasil, sebanyak 281 penerbangan dibatalkan. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap, kerugian akibat bencana ini ditaksir mencapai Rp1,2 triliun.

Potret Kota Solo Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Kelud 5 Tahun Lalu

Informasi resmi yang dilansir Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan saat erupsi 80 juta meter kubik abu vulkanik dan pasir terangkat hingga 17 kilometer. Material itu, menurut BNPB berdasar analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika tersebar ke berbagai arah. Abu dan pasir pada lapisan 1.500 meter terbawa ke arah timur laut.

Saat material di ketinggian 5.000 meter terbawa ke arah barat laut dan 9.000 meter ke arah barat. Akibatnya, Solo, Jogja, Purworejo, Salatiga, Temanggung tak terkecuali Pacitan dan Ponorogo terdampak abu Gunung Kelud.

Solo menjadi salah satu kota yang ikut merasakan guyuran abu vulkanik Gunung Kelud. Di sejumlah tempat ketebalan abu bahkan mencapai 0,2 cm. Bandara Adisumarmo ditutup dan 15 penerbangan dibatalkan akibat landasan pacu tak aman akibat debu.

Kisah Warga Selo Boyolali yang Tak Takut Erupsi Merapi: Awan Panas itu Hal Biasa

Pekatnya material abu yang menutup jalanan mengakibatkan sejumlah kecelakaan. Kepala Dishubkominfo, Yosca Herman Soedrajad, mencatat ada 16 kecelakaan ringan di sejumlah jalan protokol di Kota Solo hingga menjelang siang.

“Ada di Jl. Kolonel Sutarto dan beberapa jalan protokol yang lain. Rata-rata selip karena jalan licin,” ujarnya Jumat, 14 Februari 2014.

Merapi Erupsi, Warga Lereng Gunung Tetap Ngarit

Kondisi Solo saat tertutup material vulkanis abu gunung Kelud diabadikan jurnalis foto Solopos, Sunaryo Haryo Bayu. Berikut deretan foto kondisi Solo saat terdampak letusan gunung Kelud 13 Februari 2014 silam;


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho