SOLOPOS.COM - Calon kepada desa (Cakades) menunjukkan simbol tanda gambar setelah dilakukan pengundian di Balai Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa (18/12/2012). Pemilihan kepada desa (Pilkades) di Desa Jaten diikuti oleh enam Cakades. (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Calon kepada desa (Cakades) menunjukkan simbol tanda gambar setelah dilakukan pengundian di Balai Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa (18/12/2012). Pemilihan kepada desa (Pilkades) di Desa Jaten diikuti oleh enam Cakades. (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI—Sebanyak 240.804 orang se-Kabupaten Wonogiri berhak menentukan pilihannya dalam pemilihan kepala desa (pilkades) yang berlangsung Rabu (19/12/2012) hari ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka akan memilih kepala desa (kades) baru di 87 desa. Berdasarkan data Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, 87 desa tersebut tersebar di 24 kecamatan.

Ekspedisi Mudik 2024

Masing-masing desa memiliki jumlah pemilih yang bervariasi, mulai dari 1.340 orang hingga 6.078 orang. Di sisi lain, pilkades di Kecamatan Sidoharjo terbanyak karena diikuti tujuh desa, yaitu di Desa Tempursari, Desa Kedunggupit, Desa Sembukan, Desa Jatinom, Desa Tremes, Desa Kebonagung, dan Desa Mojoreno.

Jumlah pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) di kecamatan tersebut mencapai 20.988 orang. Selain Kecamatan Sidoharjo, pilkades paling banyak dihelat di Kecamatan Tirtomoyo, Jatisrono dan Ngadirojo.

Tiga kecamatan itu menggelar enam pilkades. Sementara itu, satu desa tercatat memiliki jumlah calon kades paling banyak, yakni Desa Watuagung, Kecamatan Baturetno dengan delapan calon kades. Diikuti, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, dengan enam calon kades.

Di luar itu, jumlah calon kades di tiap desa bervariasi mulai dari satu calon sampai empat calon kades. Ada 28 pilkades dengan calon tunggal.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, Sriyono, memastikan berdasarkan pantauan yang dilakukan pihaknya Selasa (18/12), panitia penyelenggara pilkades di 87 desa telah menyiapkan segala hal untuk pelaksanaan pilkades Rabu.

Pada Selasa, semua panitia telah melangsungkan pengundian nomor urut dan tanda gambar. Sebanyak 194 calon kades juga sudah menyampaikan visi dan misi mereka. “Sejauh ini tidak ada laporan masalah di lapangan, semua lancar. DPT sudah ditetapkan dan disepakati. Gambar dan nomor urut juga. Tinggal besok pelaksanaannya,” ujar Sriyono, saat ditemui Solopos.com, di Kompleks Setda Wonogiri, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya