SOLOPOS.COM - Seorang ibu menggendong anaknya saat melintasi banjir rob di Kampung Sembilangan, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (9/11/2021). Banjir rob akibat pasang surut air laut menggenangi wilayah tersebut selama empat hari dengan ketinggian 30-50 cm. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.

Solopos.com, SOLO — Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

Menjelang Hari Ibu Nasional yang jatuh pada Rabu, 22 Desember 2021 mendatang, apakah ada yang tahu sejarah di balik perayaan tersebut?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hari Ibu Nasional diperingati sebagai bentuk penghargaan kepada peran ibu dalam keluarga, terutama untuk suami dan anak-anaknya.

Baca Juga: Profil dan Sepak Terjang Siskaee, Pernah Bikin Konten Mesum Bareng Ojol

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, sejarah Hari Ibu Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember ini tak bisa lepas dari peran Presiden Pertama RI, Soekarno. Adapun lahirnya Hari Ibu ini diawali dengan Kongres Perempuan Indonesia pertama yang digelar di Yogyakarta pada 22 Desember 1928 silam.

Acara ini diikuti oleh 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatra.

Baca Juga:  Lagi Viral Kuliner Rating Rendah di Soloraya, Banjir Komentar Sadis

Kemudian, diadakan kongres ketiga yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat pada 1938.

Pada kongres tersebut, akhirnya tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai peringatan Hari Ibu Nasional. Sebagaimana tertulis dalam Dekrit RI No. 316/1953 yang langsung diresmikan Presiden Soekarno.

Baca Juga:  Viral Video Mesum Sejoli 25 Detik, Diduga Terjadi di Sragen

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat perempuan Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Kini, arti Hari Ibu sendiri telah banyak berubah, salah satunya sebagai bentuk rasa cinta terhadap ibu yang berperan besar dalam keluarga.

Baca Juga: Harga Tanah di Solo Lebih Ngeri Lagi Lur, Capai Rp65 Juta/M2

Di Hari Ibu tanggal 22 Desember ini, anak maupun suami kerap memberikan hadiah kepada ibu. Berbagai acara juga diigelar untuk memperingati Hari Ibu Nasional yang penuh sejarah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya