SOLOPOS.COM - Ilustrasi lanjut usia (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Hari Ibu diperingati jurnalis Semarang dengan menghibur warga lanjut usia.

Semarangpos.com, SEMARANG — Para perempuan jurnalis di Semarang yang tergabung dalam Jaringan Jurnalis Perempuan (JJP) Jawa Tengah (Jateng) menghibur ibu-ibu lanjut usia (lansia) untuk menyambut Hari Ibu. Puluhan ibu-ibu lansia yang tinggal di Unit Pelayanan Sosial (UPS) Lanjut Usia, Pucang Gading, Semarang, Rabu (21/12/2016), terlihat meneteskan air mata melihat kedatangan para perempuan jurnalis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suasana haru bercampur bahagia juga terlihat saat prosesi basuh kaki yang dilakukan karena sebagian besar dari lansia itu sudah tidak memiliki keluarga yang rutin mengunjungi mereka. Bukan hanya itu, ibu-ibu lansia juga disuapi dan dihibur dengan menyanyikan lagu-lagu bertema kasih bunda, dan beberapa di antaranya juga ikut maju ke depan untuk berjoget bersama.

Menurut ketua panitia kegiatan JJP Jateng Wara Merdekawati, kegiatan dan kunjungan terhadap ibu-ibu lansia itu merupakan program sosial memperingati Hari Ibu setiap 22 Desember. “Sebagian besar lansia di sini [UPS Lansia] tidak memiliki keluarga sehingga dengan momentum Hari Ibu ini kami ingin berbagi kasih karena mereka sudah seperti ibu sendiri,” katanya.

Jurnalis televisi lokal Semarang itu berharap kedatangan kawan-kawan perempuan jurnalis untuk bersilaturahmi itu bisa menghibur ibu-ibu lansia agar mereka tidak merasa kesepian. “Keinginan untuk menghibur ibu-ibu lansia di panti jompo ini terinspirasi karena seluruh anggota JJP yang akrab disebut Jupe merupakan perempuan. Kami semuanya ‘kan perempuan,” katanya.

Wara mengatakan Jupe ingin berbagi kasih dengan ibu-ibu lansia yang tinggal di panti jompo dan jauh dari keluarga, sebagaimana memperlakukan ibu mereka sendiri yang ada di rumah. “Kami ingin mencoba menciptakan momentum manis dengan mereka yang ada di panti jompo ini. Kami hadir sebagai anak dan keluarga yang siap menghibur dan membasuh kaki mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Rehabilitas Sosial Eks Penyalahgunaan Napza Mandiri UPS Lansia Semarang Sunarni mengakui kehadiran kawan-kawan perempuan jurnalis sangat menghibur para lansia. “Kebanyakan [lansia] yang tinggal di sini tidak punya keluarga. Mereka dari jalanan. Yang mempunyai keluarga sedikit. Alhamdulillah, mereka terhibur dan tidak merasa kesepian,” katanya.

Ia berharap kegiatan semacam itu tidak hanya sekali dilakukan, melainkan bisa setiap ada perayaan hari-hari istimewa, seperti Hari Ibu, tetapi bisa setiap saat untuk menghibur kalangan lansia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya