SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru dan siswa belajar di sekolah (JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra Kumala)

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menuturkan peningkatan kesejahteraan guru harus diikuti oleh peningkatan mutu pendidikan nasional.

Dalam sambutan Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2014 dan HUT PGRI Ke-69, Kalla menyatakan rasa terima kasih atas jasa guru mencerdasakan anak bangsa. “Tanpa guru saya tidak bisa berdiri di sini, menteri-menteri juga tidak bisa duduk di sana,” katanya di Istora Senayan, Kamis (27/11/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

JK menuturkan untuk menciptakan kemakmuran bangsa dibutuhkan kerja keras, peningkatan produktivitas, dan kemajuan teknologi. Caranya adalah dengan memajukan pendidikan melalui mutu guru dan sekolah. “Saya sependapat dan penting kesejahteraan guru harus ditingkatkan terus menerus, tetapi? kesejahteraan harus sama dengan mutu. Mutu naik, kesejahteraan naik,” tuturnya.

Selain pendidikan, lanjutnya, tidak ada sektor yang mendapat alokasi anggaran 20% dari APBN. Bahkan, sektor pertanian, kesehatan, dan pertahanan pun tidak. “Kesejahteraan mutu manusia Indonesia yang lebih baik, lebih pintar, lebih produktif harus kita wujudkan. Anggaran besar, untuk memajukan kesejahteraan, bukan hanya guru, tetapi juga petani, buruh, karyawan, dan profesi lain,” ujar JK.

Wapres berharap guru terus meningkatkan kompetensi, inovasi, dan tidak pernah berhenti belajar. Pasalnya, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan sangat dinamis. “Guru harus belajar yang baik, penataran, pelatihan, membaca lebih baik untuk meningkatkan mutu guru. Sekolah-sekolah harus dilengkapi dengan baik,” katanya.

Jusuf Kalla menambahkan dari tahun ke tahun, pemerintah terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pendidikan, termasuk pembangunan fisik, mutu guru, metode mengajar, dan kurikulum. Pada kesempatan yang sama, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan mengatakan guru merupakan salah satu kunci memajukan pendidikan bangsa.

“Kualitas guru, kompetensi dan inovasi harus ditingkatkan. Kalau dilakukan, kita sedang mempersiapkan bangkitnya Indonesia jadi salah satu negara besar di dunia,” kata Anies. Terkait peningkatan kesejahteraan guru, Anies juga menyampaikan pentingnya pengurangan beban pengeluaran guru. Caranya, lanjut Anies, dengan membuka fasilitas dan akses bagi guru oleh kalangan dunia usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya