Hari Buruh: KSPI Serukan Kawal Kemenangan Prabowo-Sandi
Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal (kanan). (Antara - Aprillio Akbar)

Solopos.com, JAKARTA -- Para buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2019). Dalam aksinya, mereka menyerukan buruh siap mengawal form C1 dalam rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan salah satu tema yang diangkat dalam Hari Buruh 2019 ini adalah demokrasi yang jujur. "Demokrasi jujur adalah tema yg sangat kuat. Kita akan sangat jaga form C1," kata Said Iqbal di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2019).

Dia mengaku pengawalan C1 ini digerakkan bagi para buruh untuk mengawal kemenangan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

"Kita sudah kontrak politik, kami punya kepentingan sampai 22 Mei akan kawal form C1 memastikan jangan sampai ada kecurangan. Prabowo-Sandi karena kami pendukung maka kami berkeyakinan menang. Kami nilai quick count dan real count KPU bukan ukuran tapi dari rekapitulasi manual di KPU," jelasnya.

Hari ini, 50.000 buruh anggota KSPI menggelar aksi peringatan Hari Buruh atau May Day dengan cara menggelar akbar di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, mulai pukul 10.30 WIB. Tidak ada aksi jalan kaki di jalanan atau longmarch ke Istana Merdeka, Jl Merdeka Utara ataupun di sekitaran Monumen Nasional.

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto juga dijadwalkan hadir pada pukul 11.30 WIB untuk menyampaikan orasi di depan kaum buruh yang berasal dari Jabodetabek, Purwakarta, Serang, dan Cilegon.

Peringatan Hari Buruh oleh KSPI tahun ini mengangkat tema Kesejahteraan Buruh dan Demokrasi yang Adil dan Damai. Terdapat enam isu turunan Hari Buruh 2019 yang diserukan dalam aksi kali ini, yakni :
1. Tolak upah murah, cabut PP 78, naikkan KHL menjadi 84 item.
2. Stop perbudakan berkedok outsourching, pemagangan dan honorer.
3. Tingkatkan kualitas manfaat dan layanan BPJS kesehatan dan jaminan pensiun.
4. Turunkan tarif dasar listrik dan sembako,
5. Tingkatkan kesejahteraan guru, tenaga honorer dan pengemudi ojek online
6. Tegakkan demokrasi yang jujur dan damai. KSPI menyerukan seluruh buruh untuk mengawal form C1.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bertemu para Presiden Buruh dan Ketua Serikat Pekerja di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat Jumat, 26 April 2019. Dalam pertemuan itu terjadi kesepakatan di antaranya melaksanakan Hari Buruh dengan kegiatan yang damai dan pemerintah bersama buruh akan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 tentang Pengupahan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom