SOLOPOS.COM - Calon penumpang memperhatikan jadwal kereta api (KA) di Stasiun Tegal, Jateng, Kamis (27/4/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Hari Buruh Internasional atau May Day pada 2017 ini jatuh pada hari Senin dan menimbulkan libur akhir pekan panjang.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang mengoperasikan Kereta Api (KA) Ciremai Tambahan guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada libur akhir pekan panjang (long week end) terkait hari libur nasional May Day atau Hari Buruh Internasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pada liburan panjang, okupasi penumpang biasanya tinggi, termasuk relasi Semarang-Bandung, maupun sebaliknya,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Edy Koeswoyo di Kota Semarang, Kamis (27/4/2017).

Demi mengantisipasi lonjakan penumpang, kata dia, diluncurkan KA Ciremai Tambahan relasi Semarang-Bandung PP khusus keberangkatan Sabtu, 29 April 2017 dengan kapasitas total 468 tempat duduk.

Ia menyebutkan KA Ciremai Tambahan memiliki rangkaian dua kereta kelas eksekutif berkapasitas 100 tempat duduk, tiga kereta kelas ekonomi new image dengan kapasitas 240 tempat duduk.

“Masih ada lagi, dua kereta kelas ekonomi new image difabel’ berkapasitas 128 tempat duduk. Di setiap gerbong ada empat kursi untuk difabel, berarti ada delapan kursi yang disediakan,” ucapnya.

Dengan dioperasikannya KA Ciremai Tambahan, kata dia, diharapkan bisa semakin mengakomodasi kebutuhan transportasi masyarakat yang akan bepergian, terutama ke Bandung atau Semarang saat libur panjang. Sekaligus, imbuh dia, menambah frekuensi perjalanan KA menuju Bandung atau sebaliknya yang sebelumnya sudah dilayani dua kali dalam sehari dengan KA Ciremai dan KA Harina menjadi tiga kali.

Meski sebagai kereta tambahan, ia menyebutkan tarif KA Ciremai Tambahan relatif terjangkau, yakni Rp260.000/tempat duduk untuk kelas eksekutif dan Rp130.000/tempat duduk untuk kelas ekonomi. “Namun, KA Ciremai Tambahan ini juga memberlakukan tarif parsial, misalnya, dari Semarang ke Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan Cirebon Rp160.000/tempat duduk untuk kelas eksekutif,” tuturnya.

Untuk kelas ekonomi, kata dia, tarif parsial dengan tujuan Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan Cirebon sebesar Rp80.000/tempat duduk, sementara ke Jatibarang Rp210.000 (eksekutif) dan Rp105.000 (ekonomi). “Keberangkatan KA Ciremai Tambahan ini pada pukul 07.00 WIB dari Stasiun Tawang Semarang, dan diberangkatkan kembali dari Bandung pukul 18.25 WIB. Tiket sudah bisa dipesan sekarang,” ujar Edy.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya