SOLOPOS.COM - Ketua Harbolnas, IndraYonathan (Liputan6.com)

Hari Belanja Online Nasional mencatat transaksi hingga Rp2,1 triliun.

Solopos.com, JAKARTA – Digelar selama tiga hari, 10-12 Desember 2015, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mencatat transaksi hingga Rp2,1 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Angka ini naik 1,8 kali dari penjualan di luar Harbolnas,” kata Associate Director Consumer Insights Nielsen, Rusdy Sumantri, selaku pihak penyurvei Harbolnas 2015, di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Rusdy mengatakan, data ini didapatkan dengan meriset 700 pengguna Internet lewat survei online di 19 kota di Indonesia melalui sampel acak.

“Estimasi penjualan ini ditanyakan langsung ke pelanggan, kemudian datanya diolah dan divalidasi dari para pelaku e-commerce,” kata Rusdy seperti dilansir Antara, Kamis.

Data Nielsen mengungkapkan, dari seluruh transaksi, produk kategori fesyen menjadi yang paling banyak dibeli konsumen dengan persentase sebesar 65 persen, diikuti gadget 44 persen, serta barang-barang elektronik lainnya 41 persen.

Setidaknya 76 persen dari pengguna Internet juga telah mengetahui Harbolnas sepekan sebelum hari pelaksanaan. Mereka mengetahuinya dari televisi dan website toko online.

Para pelanggan sebagian besar berusia muda yakni antara 25 hingga 34 tahun, dengan persentase 57 persen laki-laki dan 43 persen perempuan. “Harbolnas ini diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan untuk memajukan belanja online di indonesia,” ujar Ketua Panitia Harbolnas 2015, Indra Yonathan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya