Tutup Iklan

Hari Batik Nasional: Untuk Kali Pertama Keraton Solo Ikut Kolaborasi

Perayaan Hari Batik Nasional di Kota Solo untuk kali pertama diramaikan keterllibatan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada tahun ini.

 Panitia rangkaian Hari Batik Nasional Kota Solo saat jumpa pers di Bangsal Semarakata Keraton Solo, Jumat (1/10/2021). (Solopos/Ika Yuniati)

SOLOPOS.COM - Panitia rangkaian Hari Batik Nasional Kota Solo saat jumpa pers di Bangsal Semarakata Keraton Solo, Jumat (1/10/2021). (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober di Kota Solo selalu diisi beragam acara edukatif terkait pelestarian batik sebagai warisan budaya dunia.

Tak terkecuali pada peringatan tahun ini. Bahkan peringatan Hari Batik Nasional tahun ini lebih istimewa dengan keterlibatan Keraton Solo yang untuk kali pertama ikut kolaborasi merayakan Hari Batik.

Perayaan besar ini bakal diselenggarakan pada Sabtu-Minggu (2-3/10/2021). Kegiatan diadakan di sejumlah pusat kebudayaan Kota Solo yakni Keraton Kasunanan Surakarta, Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, Museum Batik keris, dan Museum Batik Danar Hadi.

Acara di Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Kauman mengusung tema Srawung Batik Nusantara (SBN). Dalam jumpa pers di Bangsal Semarakata Keraton Solo, Jumat (1/10/2021), koordinator SBN Heru Mataya mengatakan acaranya nanti bakal diisi sejumlah kegiatan edukasi.

Baca Juga: Disdag Solo: Pedagang Pasar Legi Tempati Gedung Baru Mulai Akhir Tahun

Konsepnya yakni mempertemukan kreator-kreator batik dari berbagai daerah di Indonesia untuk bertukar ide, pengalaman, dan saling berbagi kisah sejarah batik lokalnya. Sekaligus kisah bagaimana industri batik lokal menghadapi situasi krisis ekonomi di masa pandemi.

Acara dilanjutkan dengan dongeng di kampung batik oleh sejarawan, anugerah untuk para pekerja batik, kelas kreasi, bedah buku, talkshow, fashion show, hingga belanja online. Mengingat masih dalam masa pandemi, Heru menjelaskan acara akan diselenggarakan secara hybrid.

Jelajah Batik

Peserta luring atau offline maksimal 15 orang dan daring atau online/virtual maksimal 100 orang per kelas. Para peserta akan disuguhi hiburan musik tradisional yakni musik keroncong dan musik etnik. “Rangkaian kegiatan seru lainnya adalah jelajah batik yang dilaksanakan di Museum Batik Keris dan Museum Batik Danar Hadi,” kata Heru.

Program kolaborasi merayakan Hari Batik Nasional di Solo semakin menarik dengan keterlibatan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo.

Baca Juga: Catat Lur! Ini 10 Event Utama Solo Great Sale 2021

Keraton turut memeriahkan acara dengan menggelar talkshow dan bedah batik karya keluarga Keraton pada Sabtu pagi. Dilanjutkan defile batik oleh para prajurit.

Pangageng Keraton Solo untuk hubungan dalam dan luar negeri, Raden Ayu (RAy) Febri Hapsari Dipokusumo, mengatakan ini kali pertama Keraton Solo ikut terlibat dalam perayaan HBN.

Ini merupakan upaya Keraton sebagai pusat kebudayaan turut andil dalam upaya pelestarian wastra Nusantara. Apalagi Keraton Solo juga memiliki banyak koleksi batik lawasan yang dibuat oleh keluarga maupun kerja sama dengan sejumlah pengajin binaan mereka.

Acara di Keraton Kasunanan nanti bakal diselenggarakan secara hybrid. Mereka membuka kesempatan untuk peserta terbatas. Lalu disiarkan secara daring di kanal YouTube untuk mewadahi masyarakat luar yang ingin menyaksikan acara.

Baca Juga: Enggak Hilang Kok! Masih Ada Patung Pak Harto di Solo, Ini Lokasinya

Melihat Koleksi Eksklusif Danar Hadi

“Ini sudah saatnya kita saling sinergi untuk merayakan Hari Batik Nasional. Semua saling kolaborasi dengan tujuan yang sama yakni melestarikan warisan busaya ini,” kata Febri.

Acara lainnya yakni pameran Living in Heritage di Ndalem Wuryo Ningratan-House of Danar Hadi Solo. Masyarakat dipersilakan menyaksikan koleksi eksklusif batik Danar Hadi hasil karya sang pemilik yang juga Maestro Batik Nusantara, H Santosa Doellah.

Pada momen spesial ini Museum Batik Danar Hadi bahkan memberikan potongan harga 15% khusus prosuk Living in Heritage serta potongan harga tiket masuk museum yang sudah vaksin pertama dan kedua.

Baca Juga: Kreatif! Mahasiswa ISI Solo Bikin Batik Motif Covid-19, Ini Wujudnya

Sementara Museum Keris yang tergabung dengan program Srawung Batik menata ulang ruangan mereka agar terasa lebih dekat dengan masyarakat.

Plt kepala Dinas Pariwisata Solo, Aryo Widyandoko, dalam rilis yang diterima Solopos.com mengatakan melalui penyelenggaraann HBN ini Pemkot Solo juga mengajak masyarakat berperan aktif serta berkolaborasi untuk mendukung industri batik.

Tujuannya mendorong sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) batik agar terus tumbuh. Apalagi sektor tersebut jadi salah satu tumpuan ekonomi di masa pandemi. “Karena sesungguhnya mencintai batik adalah tanggung jawab setiap kita sebagai Bangsa Indonesia yang berbudaya,” kata Aryo.


Berita Terkait

Berita Terkini

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.

Keseruan Berebut Ayam dalam Tradisi Mondosio Pancot Tawangmangu

Pelepasan ayam menjadi ciri khas yang hanya ada dalam tradisi Mondosio yang digelar di Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.

PLN bakal Bangun Stasiun Pengisi Daya Kendaraan Listrik di Solo Baru

PLN menargetkan ekosistem kendaraan listrik di Soloraya terbentuk pada 2026, salah satu upayanya dengan membangun stasiun pengisi daya di Solo Baru, Sukoharjo.