SOLOPOS.COM - Ilustrasi membatik (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) DIY akan menggelar kegiatan membatik terpanjang untuk memperingati Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2014 mendatang di Alun-Alun Utara Jogja. Event tersebut diharapkan mampu tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Sekretaris Disperindagkop DIY Lono Widagdo mengatakan, kegiatan membatik tersebut akan diikuti sebanyak 3.000 pembatik dari lima kabupaten/kota di DIY. Mereka akan membatik kain sepanjang 3.000 meter dengan lebar 45 centimeter tanpa putus berbentuk zig-zag.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembatik profesional yang dilibatkan dalam ajang tersebut berasal dari sentra IKM batik. Seperti Tamansari (Jogja), Imogiri (Bantul), Dukuh (Gunungkidul), Lendah (Kulonprogo) dan Lereng Gunung Merapi (Sleman).

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan kegiatan ini diharapkan batik Jogja akan semakin dikenal di dunia. Selain itu, kegiatan tersebut juga diikuti pameran IKM batik di Pagelaran Kraton Jogja.

“Setiap pembatik akan membatik di kain sepanjang satu meter dalam waktu satu jam. Sehingga diharapkan 3.000 pembatik bisa menyelesaikan pembatikan 3.000 meter kain ini selama satu jam. Kain batik yang dihasilkan, akan dicelup menggunakan pewarna alami yang menjadi unggulan di DIY,” katanya di Kantor Disperindagkop DIY, Selasa (30/9/2014).

Ditambahkan Kabid Industri Logam, Sandang dan Aneka Disperindagkop DIY Polin Napitupulu, kain yang digunakan untuk membatik tersebut adalah kain tenun ATBM (bukan mesin).

Di DIY sendiri, sambungnya, terdapat sekitar 5.000 IKM batik, sebanyak 3.000 IKM terdaftar dan 2.000 IKM lainnya belum terdaftar.

“Dari jumlah tersebut, jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 18.000 orang dengan asumsi satu IKM memiliki antara tiga hingga 10 orang pekerja,” jelas Polin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya