HARI BATIK NASIONAL : Batik PNS Pemkot Solo Dibuat Seragam

HARI BATIK NASIONAL : Batik PNS Pemkot Solo Dibuat Seragam

SOLOPOS.COM - Ilustrasi batik seragam Korpri. (olx.com)

Hari Batik Nasional di Kota Solo diperingati dengan upacara bendera

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menyeragamkan pakaian batik bagi pegawai negeri sipil (PNS). Anggaran seragam batik akan disiapkan dalam APBD 2017.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan pakaian batik PNS perlu diseragamkan. Penyeragaman batik akan dilakukan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Kalau sekarang batik yang dipakai PNS bebas. Tapi nanti sehari harus ada seragam batik yang sama di tiap SKPD,” kata Rudy, sapaan akrabnya, ketika dijumpai wartawan seusai upacara peringatan Hari Batik Nasional di Balai Kota, Senin (3/10/2016).

Rudy mengatakan Pemkot telah memiliki seragam batik Kresna yang digunakan setiap Rabu. Namun, Pemkot mengganti seragam batik Kresna dengan putih biru sesuai aturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) sejak awal tahun lalu. Tapi baru dua bulan diterapkan, Pemkot mengganti seragam putih biru dengan batik bebas.

Pemkot memperbanyak penggunakan pakaian batik sebagai upaya melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa.

Merujuk Surat Edaran (SE) Nomor 060/612 tentang Pakaian Dinas Bagi PNS di Lingkungan Pemkot, pada Senin, PNS memakai pakaian dinas harian (PDH) khaki, Selasa-Rabu batik bebas, Kamis pekan pertama setiap bulan menggunakan pakaian tradisional (beskap landung), Kamis pekan berikutnya batik, dan Jumat pakaian olahraga atau batik.

“Penggunaan batik bertujuan mendorong sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sekaligus mampu meningkatkan dan menggerakkan perekonomian rakyat,” kata Rudy.

Rudy menuturkan warga Kota Solo patut berbangga dengan perkembangan batik saat ini. Banyak orang yang gandrung terhadap batik khas Solo karena memiliki karakter dan filosofi. “Batik adalah karya luhur bangsa yang harus dilestarikan,” tutur Rudy.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto mengatakan pengadaan seragam batik bagi PNS Pemkot Solo akan diajukan dalam penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS) APBD 2017.

Pemkot akan menghitung kebutuhan anggaran untuk pengadaan seragam batik tersebut, termasuk teknis pengadaan seragam apakah disebar di seluruh pos SKPD atau menjadi satu di Bagian Umum Setda Solo.

“Jadi kami belum tahu berapa kebutuhannya. Nanti kami hitung dulu kebutuhannya,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

216 Warga Positif Covid-19 Klaten Isolasi di Donohudan, 47 Orang Sembuh

Total jumlah warga Klaten positif Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di Arama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, mencapai 216 orang.

Kabar Duka, Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo Tutup Usia

Mantan Bupati Kulonprogo Toyo Santoso Dipo tutup usia ada Sabtu (31/7/2021) sekitar pukul 17.51 WIB di Rumah Sakit Bethesda.

Dapat Keluhan PPKM Diperpanjang dari Pedagang, Begini Jawaban Satpol PP Wonogiri

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonogiri menerima beberapa keluhan dari sejumlah pedagang terkait perpanjangan PPKM.

Telan Anggaran Rp18,3 Miliar, Gedung MPP Sukoharjo Mulai Dibangun

Gedung Mal Pelayanan Publik atau MPP Sukoharjo mulai dibangun oleh pemenang lelang dengan nilai kontrak Rp18,3 miliar.

KAI Hadirkan Corak Lokomotif Khusus Meriahkan HUT ke-76 RI, Ini Tampilannya

PT KAI memeriahkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia dengan memasang livery khusus pada lokomotif dan kereta serta ornamen lainnya.

Innalillahi, Anggota Satpol PP Wonogiri Meninggal karena Covid-19

Kabar duka datang dari Satpol PP Wonogiri. Salah satu anggota Satpol PP Wonogiri, Jaka Prihanta, meninggal dunia karena terpapar Covid-19, Sabtu (31/7/2021).

Anthony Ginting Gagal Melaju Final

Anthony Ginting gagal melaju ke final Olimpiade Tokyo 2020

Balap Liar di Jalan Ahmad Yani Sukoharjo, 33 Pemuda Dicokok Polisi

Tim Pandawa Polres Sukoharjo membubarkan aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Minggu (1/8/2021) dini hari WIB.

Kasus Covid-19 di Boyolali Menurun, Sudah Sepekan di Zona Kuning

Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19.

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.