SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung sedang melihat koleksi batik di Museum Batik Pekalongan. (Solopos.com-Antara/Humas Pemkot Pekalongan)

Solopos.com, PEKALONGAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), siap memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada 2 Oktober nanti. Pemkot Pekalongan bahkan akan memamerkan 1.200 koleksi batik kuno saat perayaan Hari Batik Nasional 2022 itu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Museum Batik Pekalongan, Akhmad Asror, mengatakan pihaknya siap menyukseskan Hari Batik Nasional 2022 dengan mengubah nuansa ruang pamer dengan konsep story berbeda dengan tahun sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami akan siapkan wajah baru pada saat perayaan Hari Batik Nasional 2022 agar pengunjung lebih nyaman melihat koleksi batik kuno,” katanya.

Pihaknya akan melakukan rotasi ruang pamer untuk diganti dengan konsep berbeda, batik yang dipamerkan (display), dan koleksi batik. Hingga kini, kata dia, koleksi batik yang terdisplay di ruang pamer sekitar 90 dari total keseluruhan sebanyak 1.200 koleksi batik.

Ahmad Asror mengatakan penataan kembali atau rotasi koleksi batik juga dimaksudkan agar seluruh koleksi batik yang disimpan di Museum Batik Pekalongan bisa ditampilkan dan dinikmati pengunjung.

Baca juga: Tahukah Anda? Ini Alasan Kenapa Pekalongan Disebut Kota Batik

“Jadi meski dengan keterbatasan luas ruang pamer, kami akan menyiasati dengan rotasi koleksi agar pengunjung bisa melihat seluruh koleksi batik,” katanya.

Ia mengatakan dalam rangkaian Hari Batik Nasional 2022, pihaknya juga akan menggelar lomba membatik bagi pelajar agar nantinya mereka bisa ikut melestarikan warisan budaya ini.

“Kami akan berkolaborasi dengan para pembatik melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik Kota Semarang,” demikian Ahmad Asror.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya