SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto Antara)

Ilustrasi (Foto Antara)

BANJARMASIN-Sekitar 60 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) program studi Geografi Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin kerja bakti membersihkan sungai guna memperingati Hari Air Sedunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Drainase Kota Banjarmasin, Ir Muryanta kepada wartawan di Banjarmasin Sabtu (24/3/2012), membenarkan kegiatan kelompok mahasiswa tersebut.

Ia berharap kegiatan serupa bisa ditiru mahasiswa lainnya serta masyarakat umum agar Kota Banjarmasin yang dikenal sebagai kota seribu sungai tersebut lebih bersih dan indah.

Sungai yang yang dibersihkan mahasiswa tersebut adalah sungai yang berfungsi sebagai drainase di jalan Bregjen H Hasan Basri depan Gedung Sultan Suriansyah. Para mahasiswa rela terjun ke sungai yang kotor untuk membersihkannya dari sampah dan lumpur.

Aksi bersih sungai yang bertema “Sungai Bukan Tempat Sampah” itu didukung penuh Dinas Sumberdaya Air dan Drainase Kota Banjarmasin,kata Muryanta.

“Kita mendukung aksi kerja bakti bersih-bersih sungai yang dilakukan para mahasiswa FKIP ini, karena itu kita memfasilitasinya,” ujar Muryanta.

Dinas Sumberdaya Air dan Drainase menyediakan alat-alat kebersihan,mobil pengangkut lumpur, bahkan karyawan instansi ini juga ikut terjun kerja bakti tersebut.

Ketua Himpunan Mahaiswa (Hima) Program Studi Giograpi FKIP Unlam Dessy Fuji Lestari mengungkapkan, kerja bakti membersihkan sungai ini sudah dua kali mereka lakukan setiap memperingati hari air Sedunia ini.

“Tahun lalu kita membersihkan eceng gondok di Sungai Martapura dekat Balaikota Banjaramsin, tahun ini kita bersama membersihkan drainase,” ucapnya.

Berdasarkan catatan, Banjarmasin dibelah 104 sungai dan 74 sungai diantaranya masih bertfungsi baik,sementara selebihnya terjadi sidementasi lumpur dan diserang gulma dan terkontaminasi limbah hingga mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya