SOLOPOS.COM - Peringatan Hari Air Sedunia di PT Coca Cola Amatil, Bawen, Kabupaten Semarang. (instagram.com)

Hari Air Sedunia 2016 di Kabupaten Semarang diisi dengan pemberian penghargaan terhadap lima perusahaan yang dianggap peduli pada pengelolaan dan pemanfaatan air.

Semarangpos.com, UNGARAN – Bertepatan dengan Hari Air Sedunia 2016 yang diperingati Selasa (22/3/2016), Pemerintah Kabupaten Semarang memberikan penghargaan kepada lima perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Semarang. Kelima perusahaan ini diganjar penghargaan karena dianggap memiliki kepedulian terhadap pengelolaan dan pemanfaatan air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kelima perusaahaan itu adalah PT Coca Cola Amatil (CCA) Indonesia Jawa Tengah di Bawen, PT Apac Inti Corpora (AIC) Bawen, PT Sido Muncul di Bergas, PT Bina Guna Kimia dan CV Jati Kencana. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono, kepada perwakilan perusahaan pada acara Peringatan World Water Day atau Hari Air Sedunia 2016 di aula pabrik PT Coca Cola Amatil Bawen, Kabupaten Semaran, Selasa siang.

Ekspedisi Mudik 2024

Panitia pelaksana Peringatan Hari Air 2016 yang juga Kepala DPU Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto, menjelaskan kelima perusahaan itu memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan. “Di antara kriteria penilaian adalah peduli pada pelestarian sumber air tanah, hemat saat penggunaan air tanah dalam proses produksi serta taat perizinan penggunaan air tanah,” terang Totit seperti dilansir laman resmi yang beralamat di semarangkab.go.id, Selasa.

Kelima perusahaan ini memang memiliki beberapa kegiatan inovatif pelestarian sumber daya air, antara lain penyediaan lahan terbuka hijau seluas 276.955 m2 oleh manajemen PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul Tbk. Selain itu juga dibuat 18 sumur resapan dan penghijauan di lingkungan pabrik serta membantu penyediaan air bersih bagi warga sekitar pabrik PT Sido Muncul.

CV Jati Kencana melakukan penghijauan dan reklamasi berupa penanaman pohon tanaman keras seluas kurang lebih lima hektar. PT Bina Guna Kimia membuat tujuh sumur resapan dan lubang biopori sebagai upaya konservasi air tanah.

Sementara, PT AIC melakukan pemanfaatan air hujan untuk air baku proses produksi serta memanfaatkan sumber air permukaan untuk mengganti sebagian pemanfaatan air tanah. Sedangkan PT CCA Indonesia Jawa Tengah di Bawen melalukan blending antara air permukaan, air bersih dan air hujan sesuai kebutuhan dalam proses produksi. Kiat lainnya adalah menyediakan sumur pantau, biopori dan penghijauan di lingkungan sekitar lokasi pabrik.

 

HARI AIR SEDUNIA 2016 : Dinilai Baik Kelola Air, 5 Perusahaan Ini Terima Penghargaan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya