SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (JIBI/Solopos/Dok.)

Hari AIDS Sedunia dirayakan Selasa (1/12/2015). Ada beberapa teknologi yang bisa digunakan untuk memerangi penyakit HIV/AIDS.

Solopos.com, SOLO — Berbagai upaya yang dilakukan orang-orang untuk merayakan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada hari Selasa (1/12/2015). Terdapat beberapa komunitas yang telah menyediakan sebuah filter teknologi-teknologi aplikasi untuk menghormati Hari AIDS Sedunia 2015.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Upaya tersebut adalah bentuk dukungan bagi orang-orang yang mengidap HIV sekaligus meningkatkan dana bagi organisasi. Seperti alumni dari TechChange berupaya melawan HIV dan AIDS di seluruh dunia.

Dari komunitas mereka yang berada di San Francisco, Vietnam, Malawi, Afrika Selatan, dan Zambia, individu-individu yang luar biasa menggunakan teknologi mHealth, pelatihan online untuk mencegah HIV.

Untuk mencegah dan menyelamatkan pengidap melalui kampanye kesadaran HIV, berupa pelatihan secara online dan SMS, aplikasi mobile Android yang secara akurat meresepkan obat antiretroviral, dan banyak lagi.

Berikut ini lima cara TechChange menggunakan teknologi untuk melawan HIV sebagaimana dikutip Okezone dari Techchange, Selasa (1/12/105):

Mendorong Tes HIV dan pPogram Gamification MHealth

Caroline Francis dan timnya di FHI 360 Vietnam telah meluncurkan program percontohan mHealth di San Francisco, Amerika Serikat, untuk mendorong tes HIV dan perawatan pemeliharaan melalui gamification dengan ponsel.

Dalam program mereka di Hanoi dan Ho Chi Minh, mHealth merupakan strategi kunci untuk FHI 360 untuk mendorong tindakan mencari kesehatan, meningkatkan ketepatan waktu pengumpulan data, meningkatkan komunikasi pasien, dan dokumen interaksi sistem-client.

MHealth juga dapat memfasilitasi pengembangan tenaga kerja melalui pengalihan tugas, dukungan kinerja, dan manajemen sumber daya manusia.

Mempromosikan dukungan kelompok dan kelas kesehatan HIV dengan pengingat SMS.

MHealth untuk mencapai tempat yang jauh bisa menggunakan Mobile Phones dan SMS dengan cara mengirim pesan SMS untuk mengingatkan HIV dari masyarakat Vietnam, memberi dukungan berupa kelompok dan manajemen kelas kesehatan HIV.

Pencegahan HIV melalui eLearning

Organisasi A & PI Asia dan Kepulauan Pasifik Wellness Center, untuk memerangi krisis HIV/AIDS yang bekerja sama dengan Project Inform dan TechChange untuk mengembangkan program seluruh negara pelatihan dan pendidikan (CSTEP) di Malawi.

Kurikulum menetapkan standar dalam pengobatan HIV dan teknis dan budaya pelatihan yang kompeten untuk penyedia klinis dan non-klinis yang bekerja di bidang HIV.

HIV Antiretroviral (AVR) dengan Aplikasi Mobile Smartphone Android

Untuk membantu dokter dalam meresepkan obat ARV, mHealth meluncurkan aplikasi mobile untuk mengelola antriretroviral pengobatan (ARV) obat di Afrika Selatan.

Aplikasi mobile Aviro HIV ini bertindak sebagai mentor virtual untuk dokter untuk berkonsultasi dengan mudah dengan pengidap untuk resep Anti-retroviral inisiasi dan pengobatan selama pasien berkonsultasi.

Dirancang untuk Android dan berdasarkan pedoman Afsel untuk menyediakan pesan secara tepat kepada pengidap. Aplikasi Aviro Android sudah bisa diunduh di Google Play store.

Memberikan Pendidikan Kesehatan dengan SMS

TechChange telah menciptakan solusi SMS yang disebut U-Report untuk mempromosikan pendidikan seks untuk mencegah HIV di Zambia kepada kalangan pemuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya