SOLOPOS.COM - Ratusan warga memadati Pasar Hewan Munggi Semanu untuk melakukan transaksi jual beli hewan Kambing ataupun Sapi, Selasa (19/7/2016). (Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja)

Harga ternak mulai naik mendekati Hari Raya Iduladha

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-– Mendekati lebaran haji, harga penjualan hewan kurban baik hewan kambing maupun sapi rata-rata mengalami kenaikan.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Pada pasaran Selasa Kliwon, Pasar Hewan Munggi, Semanu, sejak dini hari telah dipenuhi penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi.

Salah seorang pedagang hewan di Pasar Hewan Munggi, Semanu, Iwan mengatakan saat ini harga hewan kurban mengalami kenaikan. Ia menjelaskan, untuk satu ekor kambing jantan dewasa yang sudah memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban di bandrol harga sekitar Rp1,6 hingga dua juta per ekornya.

Ekspedisi Mudik 2024

Harga tersebut dikatakannya sudah mengalami kenaikan sejak pertengahan Juli dimulai.

“Rata-rata harga kambing mengalami kenaikan sekitar Rp150.000 hingga Rp200.000,” kata dia, Selasa (19/7/2016).

Sedangkan untuk kambing betina, sebelumnya seharga Rp1,1 juta menjadi Rp1.250.000. Iwan mengatakan harga yang dibandrol tersebut ialah jika dihitung secara rata-rata.

Namun ia memastikan bahwa harga yang ia sebutkan masih dapat berubah karena tergantung dengan kondisi fisik si hewan. Kambing jantan dewasa seharga Rp1,6 juta diperkirakan sudah mencapai berat 21 kg dan siap untuk disembelih pada hari raya kurban yang diperkirakan jatuh dua bulan mendatang.

“Sedangkan untuk yang kurus kecil dengan harga Rp500.000 juga sudah bisa dapat,” kata dia.

Iwan melanjutkan bahwa kenaikan telah terjadi pada pertengajan bulan Juli ini. Semakin mendekati hari raya kurban, harga kambing dan sapi diperkirakan akan terus meningkat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang berminat membeli untuk memenuhi kewajiban berkurban.

Diungkapkan oleh seorang pembeli hewan, Muhadi warga Kelor, Karangmojo bahwa ia sedia datang sepagi mungkin ke Pasar Hewan Munggi Semanu untuk mendapatkan kambing yang sesuai dengan pilihannya.

Muhadi mengatakan harga kambing saat ini memang mengalami kenaikan yang cukup beragam. Ia memilih satu ekor kambing jantan sedang untuk ia jadikan ternak.

“Ini tadi saya dapat Rp500.000, tapi hanya anakan ukuran muda dan kecil,” kata dia.

Sementara untuk harga hewan sapi pun megalami kenaikan yang cukup tinggi. Untuk sapi jantan dibandrol harga minimal Rp12 juta per ekornya mengalami kenaikan mencapai angka sekitar Rp1 juta, menjadi Rp13 juta. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai Rp12 juta hingga Rp15 juta tergantung kondisi fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya