Harga Telur, Daging Ayam, dan Cabai Paling Fluktuatif di Solo

Harga ecer sejumlah bahan pokok di Kota Solo kerap mengalami fluktuasi sehingga menyebabkan inflasi maupun deflasi setiap bulannya.

 Ilustrasi telur ayam. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi telur ayam. (Freepik)

Solopos.com, SOLO—Harga ecer sejumlah bahan pokok di Kota Solo kerap mengalami fluktuasi sehingga menyebabkan inflasi maupun deflasi setiap bulannya. Komoditas dengan harga yang sering berubah adalah daging ayam, telur ayam, dan aneka cabai. Selain itu, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat daya beli masyarakat cenderung turun sehingga memengaruhi harga bahan pangan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, Totok Tavirijanto, mengatakan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan dalam sebulan terakhir sangat berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Pasar pastinya terkoreksi sehingga ini yang kami cermati seberapa besar pengaruhnya. Dalam hal ini, pengaruh pada supply dan demand yang berdampak pada harga,” ujar dia, kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Berbagi ke Warga Sekitar, Solo Grand Mall Bagi-bagi Paket Sembako

Dalam publikasi Harga Ecer Beberapa Bahan Pokok di Kota Solo pada Juni 2021, daging ayam ras tanpa jerohan selama Juni harga masih bergerak fluktuatif setiap pekannya sehingga perubahan ini menyumbang inflasi yang cukup signifikan. Pada pekan pertama harga turun sebasar Rp 2.111 atau 5,96% dari harga Rp 35.444 pada pekan keempat Mei menjadi Rp 33.333/kilogram. Sedangkan pekan keempat harga turun lagi menjadi Rp 33.222/kg.

Harga daging ayam ras pada Mei ini cukup tinggi karena Hari Raya Idulfitri. Pada pekan pertama harganya sebesar Rp 37.556/kg. Setelah itu pada pekan kedua naik lagi sebesar Rp1.555 menjadi Rp 39.111/kg kemudian melejit pada pekan ketiga menjadi Rp42. 333/kg atau naik Rp3.222 atau 8,24%. Sementara pekan keempat harganya berangsur turun sebesar Rp6.889 atau 16,27% menjadi Rp 35.444.

Di sisi lain, harga telur ayam ras selama Juni 2021 juga mengalami perubahan harga setiap pekan. Pada pekan pertama harga naik sebesar Rp1.500 atau 6,72% sehingga harga menjadi Rp23.833/kg. Selanjutnya pada pekan keempat harga turun menjadi Rp21.500/kg.

Selain itu, dari sejumlah jenis cabai, cabai rawit merah yang harganya paling fluktuatif. Pada pekan pertama Juni 2021 harga menunjukkan Rp30.556/kg ini berarti harga turun dari harga Rp31.000 pada pekan keempat Mei 2021 atau turun sebesar Rp444 atau 1,43%. Pada pekan kedua harga juga turun menjadi Rp28.000/kg. Lalu pekan ketiga harga turun lagi menjadi Rp25.556/kg. Akan tetapi, harga melejit pada pekan keempat menjadi Rp35.667/kg atau naik sebesar Rp10.111 atau 39,56%.

Baca Juga: Layanan Tes Covid-19 dan Vaksinasi di Bandara – Stasiun, Cek Jadwal dan Tarifnya

Sementara itu, sebelumnya Wakil Ketua TPID Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan berdasarkan pantauan harga di Solo, harga komoditas pangan sampai saat ini terpantau stabil. Sementara itu, bila dilihat dari data pasokan, beberapa komoditas mengalami penurunan stok, menyesuaikan dengan penurunan permintaan di pasar, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit.

BI Solo mencatat rata-rata stok bulanan sejumlah komoditas cenderung menurun berbanding lurus dengan angka permintaan di Pasar Legi sebagai pasar induk. Ini merupakan dampak pandemi Covid-19 yang membuat daya beli masyarakat ikut berkurang. Misalnya, bawang merah (-9%), bawang putih (-26%), cabai merah besar (-16%), cabai merah keriting (-3%), cabai rawit hijau (-22%), dan cabai rawit merah (-17).

“Masyarakat juga diimbau untuk bijak berbelanja, yakni tidak perlu panik, belanja secukupnya dan diutamakan dengan online,” jelas dia.

 

Berita Terkait

Espos Premium

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Berita Terkini

DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Diplomat Success Challenge atau DSC 12 punya cara unik untuk menggugah masyarakat untuk terlibat dalam kompetisi tahunan ini.

Jika Bukan Listrik, Bahan Bakar Nabati Bisa Jadi Alternatif untuk Kendaraan Berat

Untuk mencapai emisi rendah karbon di sektor transportasi, bahan bakar nabati (BBN) dan hidrogen dinilai mempunyai peran sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan berat.

Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

Kian Terjangkau, Tarif Tes Antigen di Stasiun jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di stasiun dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

Telkomsel Area Jawa Bali menggelar webinar bertemakan Asyik Bersama Digital Maksimal dengan Merdeka Belajar.

Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh.

Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

BTS x Built NY Project menggandeng Kopi Kenangan menjadi distributor resmi dan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sharp Dukung PMI dan Rumah Sakit Terapkan Informasi Berbasis Digital

Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.

Turun Banyak Sis! Ini Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini, Jumat 24 September 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Jumat (24/9/2021) terpantau turun dibandingkan harga kemarin.

Harga BBM di Indonesia Paling Murah Se-Asia Tenggara? Cek Perbandingannya

Harga jual eceren bahan bakar minyak di Indonesia disebut masih lebih murah jika dibandingkan kebnyakan negara-negara tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Matahari Kota Bogor Resmi Tutup Operasional, Ini Penjelasan Manajemen

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) menutup atau menghentikan operasional salah satu gerainya yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat.

Yuk Buka Tabungan Secara Digital Melalui OCTO Savers CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengakselerasi kapabilitas fitur dan layanan aplikasi digital banking OCTO Mobile untuk kemudahan nasabah.