SOLOPOS.COM - Ilustrasi kue Lebaran (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Harga telur yang terus meroket membuat perajin roti dan kue Lebaran ancang-ancang menaikkan harga. Saat ini harga telur mencapai Rp30.000 per kilogram.

Pemilik Renny’s Cake, Renny Puji Astuti, menguraikan kenaikan harga telur sangat membebani sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebab, mau tidak mau dirinya dan perajin kue lain harus menaikkan harga kue demi menjaga kualitas kue. “Kalau dikurangi takaran telur kualitas turun,” terang Renny saat dihubungi Solopos.com pada Rabu (22/3/2023).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Renny menguraikan harga kue miliknya tentu akan naik selaras dengan kenaikan harga telur. Kendati demikian, menurut Renny pelanggan setianya tidak bermasalah dengan produk miliknya yang bakal naik.

“Kalau harga telur turun, harga kue juga saya turunin lagi. Saat ini di kampung harganya Rp30.000 per kilogram, kalau di pasar Rp28.000 per kilogram terakhir beli,” papar Renny.

Naik turun harga telur ini merupakan hal biasa menurut Renny. Harga telur dulu sempat hanya di bawah Rp20.000 per kilogram. Sementara menurutnya harga standar untuk telur berkisar Rp24.000 hingga Rp25.000 per kilogram.

Senada perajin kue Solo lainnya, Erifina, mengaku siap menaikkan harga kue. Menurutnya, standar harga telur adalah Rp23.000 per kilogram, namun saat ini mencapai Rp30.000 per kilogram. “Tapi meski begitu, permintaan atau pesanan tetap ada,” papar Erifina.

Berdasarkan data yang diterima Solopos.com dari Kepala Pasar Legi Solo, Nur Rahmadi, pada Senin (20/3/2023). Kenaikan harga telur ayam ras terjadi mulai awal Maret 2023.

Pada awal Maret, harga telur ayam ras sebesar Rp24.500 per kilogram. Harga telur ayam ras mengalami kenaikan harga yang signifikan sebesar Rp5.000 per kilogram, hingga menjadi Rp29.500 per kilogram.

Sementara itu Kepala Pasar Nusukan Solo, Giyarto menguraikan saat ini harga telur ayam ras di Pasar Nusukan mencapai Rp30.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya