SOLOPOS.COM - Jalur Lintas Selatan di kawasan Kecamatan Giritontro. (Instagram/@KitaGiritontro)

Solopos.com, WONOGIRI – Kawasan Wonogiri selatan yang digadang-gadang menjadi wilayah industri menyebabkan harga tanah naik. Sebelum jalan lingkar selatan (JLS) dibangun, harga tanah di sekitar sana berkisar antara Rp50.000 per meter.

Setelah JLS jadi, sekitar 2015-2016, harga tanah di sekitarnya mulai naik, mulai dari Rp200.000 hingga akhir-akhir ini mencapai Rp400.000 per meter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Jadi naiknya harga tanah itu bertahap. Pada 2020 dan akhir-akhir ini tanah yang lokasinya strategis bisa mencapai Rp400.000 per meter. Dimungkinkan karena ada wacana bakal jadi kawasan industri juga. Karena sebelumnya di JLS hanya berkisar Rp200.0000 per meter," ungkap Camat Pracimantoro, Warsito, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Viral Awan Seperti Orang Berdoa di Langit Semarang, Ini Penampakannya

Bagi masyarakat Pracimantoro, lanjut Warsito, harga tanah sebesar itu sudah tergolong tinggi. "Sudah dianggap lumayan mahal. Karena sebelum ada JLS dan wacana kawasan industri itu ibaratnya lemah ora ana regane, tapi sekarang sudah mencapai segitu," ujar dia.

Ia mengatakan, di Pracimantoro saat ini sudah ada satu pabrik yang sedang dibangun di sekitar JLS, tepatnya di Desa Sambiroto dan Jimbar. Pabrik yang akan didirikan di atas tanah seluas 14 hektare itu dimungkinkan merupakan industri penetasan ayam.

Baca juga: Pesta Ciu di Siang Bolong, 6 Warga Jebres Solo Diciduk Polisi

Meski sudah ada wacana menjadi kawasan industri, menurut dia, saat ini belum ada perumahan di Pracimantoro. Beberapa waktu lalu sempat ada developer yang akan membangun perumahan di Pracimantoro, namun akhirnya batal.

"Dengan didorongnya investor masuk ke Wonogiri selatan, dimungkinkan harga tanah di sini akan naik juga, terutama di sekitar JLS. Ada lima desa yang berada di kawasan JLS yakni Desa Pracimantoro, Watangrejo, Suci, Sambiroto dan Kelurahan Gedong," kata Warsito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya