SOLOPOS.COM - Ilustrasi sembako. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WONOGIRI — Harga-harga kebutuan pokok di Pasar Kota Wonogiri berangsur turun selepas Lebaran 1443 H/2022 M. Penurunan harga rata-rata terjadi sejak, Minggu (8/5/2022)

Salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Kota Wonogiri, Jamilah, mengatakan saat Lebaran harga daging ayam yang ia jual senilai Rp50.000/kg. Saat ini turun menjadi Rp40.000/kg. Penurunan harga itu ia akui terjadi sejak dua hari lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah turun [harga daging ayam]. Tapi enggak terlalu banyak,” kata Jamilah saat ditemui Solopos.com di los penjual daging ayam, Selasa (10/5/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menceritakan, pejualan daging ayam pada saat Lebaran naik dibandingkan hari-hari sebelumnya. Tapi kenaikan itu tidak terlalu signifikan.

“Hanya 20-30 persen saja [kenaikannya]. Bahkan untuk musim Lebaran, kenaikan sebesar itu terbilang sepi,” katanya.

Baca Juga: PascaLebaran, Harga Cabai Rawit di Wonogiri Terjun Bebas

Keadaan itu juga dialami para pedagang lain. Padahal para pedagang sudah berharap akan kebanjiran pembeli. Sebab para perantau sudah diperbolehkan mudik ke kampung halaman.

“Lihat tuh, sepi [pembeli] kan. Mereka [pemudik] banyak yang enggak jajan. Mereka pulang kampung hanya mau menengok keluarga di rumah karena sudah dua tahun enggak pulang ” ujar dia.

Dia membandingkan penjualan daging ayam Lebaran 2022 dengan Lebaran-Lebaran sebelum pandemi Covid-19. Musim Lebaran tahun ini, ia bisa menjual 100 potong ayam/hari. Saat Lebaran sebelum pandemi ia bisa menjual sampai 300 potong ayam/hari.

“Daging yang terjual pasti tetap habis sejak Lebaran. Tapi jumlahnya berkurang. Kalau hari ini daging ayam yang terjual paling sekitar 50-60 potong ayam/hari,” ucapnya.

Baca Juga: Naik 100 Persen, Harga Cabai di Wonogiri Capai Rp60.000/Kg

Daging Sapi

Penjual daging sapi, Kawitni, menuturkan harga daging sapi saat ini berkisar Rp140.000/kg Ada penurunan sebesar Rp10.000 sejak Lebaran. Saat Lebaran daging sapi dijual seharga Rp150.000/kg.

“Iya, sudah turun sejak kemarin. Turunnya paling Rp10.000. Tapi kadang saya jual dengan harga Rp130.000/kg. Bergantung kondisinya. Ini [kondisinya] sepi,” papar Kawitni.

Kawitni memprediksi penurunan harga daging sapi masih akan berlanjut sampai pekan depan. Menurutnya harga daging sapi bisa turun sampai Rp120.000 pekan depan.

“Permintaan daging sapi sangat turun selepas Lebaran,” katanya.

Baca Juga: Lebih Menguntungkan, Warga Wonogiri Tanam Cabai Sendiri

Pedagang berbagai kebutuhan pokok, Iyem, memaparkan dagangan yang ia jual rata-rata sudah turun sejak Jumat (6/5/2022). Bawang putih yang semula seharga Rp40.000/kg, sekarang seharga Rp34.000/kg. Sedangkan bawang merah semula seharga Rp40.000/kg, saat itu dihargai Rp30.000/kg.

“Telur turun Rp2.000. Dulu [saat Lebaran] harganya Rp28.000/kg, sekarang Rp26.000/kg. Kalau beras harganya stabil dari sebelum dan sesudah lebaran, yaitu Rp10.000/kg,” ungkap Iyem.

Pedagang Sayuran

Pedagang sayuran, Harti, menuturkan harga cabai turun drastis selepas Lebaran. Saat Lebaran harga cabai rawit menyentuh Rp40.000/kg. Demikian juga dengan cabai merah.

“Sekarang harganya Rp20.000/kg untuk cabai merah. Kalau cabai rawit 25.000/kg,” terang Harti.

Baca Juga: Ini Harga Migor Curah dan Kemasan di Wonogiri PascaLebaran, Berapa Ya?

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag), Wahyu Widayati, mengatakan

berdasarkan data yang dihimpun Dinas KUKM, harga-harga kebutuhan pokok relatif turun selepas Lebaran.

“Saat Lebaran, yang paling laku itu makanan. Daging-daging juga habis terjual,”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya