SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIB/dok)

Harianjogja.com, JOGJA – Awal Mei ini harga sayuran di DIY cenderung stabil. Harga bahan makanan seperti cabai yang sempat melambung pekan ini berkisar Rp16.000 per kg.

Pedagang di Pasar Kranggan, Sumarni mengatakan harga kini sudah mulai stabil dan normal kembali termasuk harga cabai rawit merah. Situasi ini mempengaruhi peningkatan jumlah transaksi perdagangan di pasar setempat .

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Harga yang stabil ini membuat perdagangan jadi bergairah lagi. Kalau bulan April banyak pedagang yang tidak bisa ambil banyak karena naik dan turunnya harga kini sudah normal lagi,” kata Sumarni saat ditemui Harianjogja.com, Jumat (2/5/2014).

Sumarni berharap harga kebutuhan pokok termasuk sayuran terus normal dan tidak ada lonjakan harga yang berarti.

Pernyataan serupa juga disampaikan pedagang lain di Pasar Giwangan, Ngadirah. Menurut dia kondisi yang membaik ini mendorong pedagang kulakan sayur dengan jumlah yang lebih banyak tanpa mengkhawatirkan soal harga.

“Kalau kemarin harga tinggi mereka mau ambil banyak juga takut. Takut kalau tidak laku maka akan rugi banyak sebab sayuran akan busuk. Kalau sekarang ambil berapa saja pasti laku,” jelas Ngadirah.

Distributor sayuran di Pasar Giwangan, Sukarno membenarkan jika pasokan sayuran saat ini baik. Sebab, kata dia, sekarang merupakan musim panen sejumlah sayuran. Situasi ini diperkirakan bertahan hingga Juni 2014 atau sampai panenan sejumlah komoditas sayuran berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya