SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang cabai (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga sayuran Bantul berupa cabai mengalami perubahan signifikan.

Harianjogja.com, BANTUL – Harga cabai berbagai varietas di tingkat pedagang pasar tradisional Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada liburan akhir tahun 2015 mengalami penaikan dibanding beberapa pekan sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pedagang kebutuhan pokok di Pasar Bantul Pujiyati, Kamis, mengatakan bahwa harga cabai merah saat ini mencapai Rp35.000 per kilogram, mengalami penaikan dibanding dua pekan sebelumnya yang masih berkisar Rp25.000 per kg.

“Naiknya sudah dua minggu yang lalu, kemudian kalau cabai merah keriting juga naik dari sebelumnya rata-rata Rp30.000 per kg, sekarang menjadi Rp34.000 per kg. Ini karena pasokannya minim,” katanya seperti dilansir dari Antara, Kamis (31/12/2015).

Selain cabai, menurut dia, harga bawang merah pada masa libur akhir tahun yang diawali dengan liburan sekolah, Maulid Nabi dan Natal 2015 juga mengalami penaikan dari sebelumnya Rp30.000 per kg menjadi Rp33.000 per kg.

Ia tidak mengetahui persis kenaikan harga komoditas ini di pasaran. Namun, kemungkinan besar karena permasalahan transportasi yang mengalami kemacetan hingga mengakibatkan pasokan dari sentra bawang Jawa Tengah berkurang.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Sahadi Suparjo membenarkan harga sejumlah komoditas di pasar tradisional selama liburan akhir tahun 2015 mengalami penaikan.

Menurut dia, kenaikan harga pangan itu disebabkan karena tingginya permintaan masyarakat maupun pemilik usaha kuliner sebagai dampak banyaknya wisatawan yang mengunjungi kawasan Yogyakarta termasuk di Kabupaten Bantul.

“Kebutuhan warung-warung, terutama warung kuliner, terhadap bahan pokok meningkat bersamaan dengan pada liburan sehingga wajar ketika harganya naik,” kata Sahadi.

Menurut dia, berdasarkan pantauan petugas dinas, harga cabai rawit merah sehari jelang Tahun Baru 2016 mengalami penaikan signifikan dibanding beberapa hari sebelumnya, yaitu dari Rp27.000 per kg menjadi Rp35.000 per kg.

Cabai rawit hijau naik dari Rp18.000 per kg menjadi Rp20.000 per kg, cabai merah keriting juga naik dari Rp30.000 per kg menjadi Rp34.000 per kg, sedangkan cabai merah besar naik dari Rp30.000 per kg menjadi Rp33.000 per kg.

Harga telur ayam broiler sedikit mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp22.000 per kg menjadi Rp23.000 per kg.

Akan tetapi, ada sejumlah komoditas lain yang harganya tidak mengalami perubahan, yaitu daging sapi stabil di kisaran Rp110 ribu/kg, beras stabil pada kisaran Rp9.000 per kg dan Rp 9.500 per kg untuk beras IR 1 dan IR 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya