SOLOPOS.COM - Mobil terbang Aeromobil saat dipamerkan di Monaco. (Dailymail)

Mobil terbang masa depan telah dirancang.

Solopos.com, JAKARTA — AeroMobil membuka pra pemesanan untuk mobil terbang pertamanya secara komersial. Harganya berkisar antara US$ 1,3 juta hingga US$ 1,7 juta (sekitar Rp15,9 miliar sampai Rp19,9 miliar), tergantung pada konfigurasinya.Namun, tanggal pengiriman unit mobil terbang yang dapat dipesan tersebut masih belum jelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip Liputan6 dari Venure Beat, Minggu (23/4/2017), perusahaan itu menyebut pihaknya berharap dapat mencapai produksi penuh pada tahun-tahun mendatang. Mereka juga berkeinginan dapat mengirim mobil pertamanya ke pelanggan pada 2020. Perusahaan Slovakia itu menggelar pengumuman dan menunjukkan versi terbaru mobil itu di pameran mobil di Monaco.

Pangeran Albert II dari Monaco dan Co-Founder dan CEO Aeromobil Juraj Vaculik memperkenalkan AeroMobil di Monaco (Dailymail)

Pangeran Albert II dari Monaco dan Co-Founder dan CEO Aeromobil Juraj Vaculik memperkenalkan AeroMobil di Monaco (Dailymail)

Ekspedisi Mudik 2024

“Hari ini adalah hari transformatif untuk masa depan berkendara, karena peluncuran AeroMobil berarti bahwa transportasi terbang sehari-hari akan segera menjadi kenyataan,” kata Juraj Vaculik, salah satu pendiri dan CEO AeroMobil, dalam sebuah pernyataan.

“Pencapaian hingga titik ini telah mengumpulkan sebuah tim yang kuat, ahli terbaik di bidang otomotif, motor sport, dan kedirgantaraan untuk mendefinisikan kembali batas-batas dari apa yang mungkin terjadi dalam transportasi.”

PAL-V Onenama mobil terbang AeroMobil berbentuk tetesan air mata. Mobil ini mampu beralih ke mode penerbangan dalam waktu kurang dari tiga menit. Ketika berjalan di darat, sayap mobil ini bisa dilipat. Namun saat terbang sayap itu dapat mengayun, layaknya sebuat pesawat.

Bisa Terbang

“Untuk bisa terbang, mobil ini membutuhkan lapangan terbang atau tempat lain yang disetujui untuk melakukan penerbangan. Pemilik mobil terbang juga harus memiliki surat izin mengemudi dan lisensi pilot,” jelas Stefan Vadocz, Chief Executive Officer AeroMobil. Menurut rencana, mobil terbang tersebut akan diproduksi sebanyak 500 unit di edisi pertama.

Bagian belakang mobil terbang Aeromobil (Dailymail)

Bagian belakang mobil terbang Aeromobil (Dailymail)

Saat ini AeroMobil tengah mengatasi sejumlah masalah keselamatan terbang, agar tak ada ketakutan di tengah masyarakat. Kendati spesifikasinya belum pasti, namun menilik prototipenya, mobil terbang ini dibuat menggunakan material komposit khusus. Suspensi khusus dan mesin 4 silinder Rotax 912 menjadi beberapa kelengkapan mobil PAL-V One.

Ketika melaju di darat, kendaraan ini mampu mencapai kecepatan 160 km/jam dan 200 km/jam saat berfungsi sebagai pesawat. Mobil terbang itu bakal menghabiskan bahan bakar sebanyak 8 liter/100 km dalam mode mobil dan 15 liter/jam dalam mode pesawat.

ebagai informasi, AeroMobil bukanlah satu-satunya perusahaan yang menggarap proyek mobil terbang.Bulan lalu Airbus juga merilis konsep desain mobil terbang yang pernah digembar-gemborkan sebelumnya. Konsep desain ini merupakan hasil kolaborasi dengan Italdesign.

Mobil terbang Airbus menawarkan fungsionalitas modular. Artinya, mobil ini diklaim akan mampu beroperasi baik di darat maupun udara, dengan bantuan modul-modul yang disediakan.Desain utama yang diusung mobil ini mirip dengan kapsul, yang dapat ditempel ke modul angkutan darat atau modul angkutan udara. Dengan desain ini, pengguna dapat memilih apakah mau berkendara di darat atau di udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya