SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengisian bahan bakar minyak jenis Premium di SPBU. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Harga premium dan solar ditinjau setiap tiga bulan

Harianjogja.com, JOGJA—Harga bahan bakar jenis premium dan solar secara rutin ditinjau per tiga bulan. Namun, untuk kenaikan atau penurunan harga, hal tersebut menjadi kewenangan Pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Communication and Relation Officer Pertamina MOR IV Didi Andrian Indra mengungkapkan, sesuai program Kementerian ESDM, harga premium dan solar memang akan direview per tiga bulan sekali, kecuali saat masa libur Lebaran 2016.

“Adanya info mengenai kemungkinan naiknya harga premium dan solar karena pada dasarnya menunggu perkembangan dari Pemerintah Pusat,” ungkap dia, Kamis (8/9/2016).

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memperkirakan harga bahan bakar minyak jenis premium dan solar berpeluang naik pada Oktober karena harga minyak mentah jenis Brent, West Texas Intermediate (WTI) dan Mean of Platts (MOPS).

Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang mengatakan, beberapa kali pihaknya harus menanggung kerugian penyaluran solar pada tahun ini.

Sebagai contoh, dia menyebut penyaluran solar pada Juni rugi sebesar Rp550 per liter dan Agustus sebesar Rp200 per liter. Kerugian terdalam yaitu pada Juni disebabkan karena harga Brent dan WTI sebesar US$48 per barel.

Hingga akhir tahun, dia menyebut masih belum dapat dipastikan apakah harga bertahan tanpa menanggung kerugian karena saat ini WTI US$44,52 per barel dan Brent US$47,1 per barel.

Saat ini, harga solar Rp5.150 per liter dan premium sebesar Rp6.450 per liter. Kendati demikian, dia menyebut kenaikannya belum bisa diprediksi. Selain itu, menetapkan harga adalah tugas dari pemerintah. Namun, pihaknya akan mengajukan kenaikan harga jual solar dan premium paling tidak agar tak mengalami kerugian.

“Kami belum tahu Oktober berubah apa enggak. Kami mengajukan begitu, naik dong,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya