SOLOPOS.COM - Rumah sakit (RS) Mata Solo memberikan layanan pengobatan untuk katarak dengan memanfaatkan peralatan dan teknologi canggih. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA—Regulator kesehatan AS menyetujui peredaran obat terapi gen pertama untuk hemofilia. Harganya fantastis, yakni US$3,5 juta Rp52 miliar sekali pengobatan.

Obat ini untuk gangguan pembekuan darah. Food and Drug Administration memberikan izin edar pada Hemgenix, pengobatan IV untuk orang dewasa dengan hemofilia B, bentuk kelainan genetik yang kurang umum yang terutama menyerang pria.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pembuat obat CSL Behring, yang berbasis di Pennsylvania, mengumumkan label harga US$3,5 juta tak lama setelah persetujuan FDA, dengan mengatakan bahwa obatnya pada akhirnya akan mengurangi biaya perawatan kesehatan karena pasien akan mengalami lebih sedikit pendarahan dan membutuhkan perawatan pembekuan yang lebih sedikit.

Baca Juga Tanda Awal Terinfeksi Polio dan Cara Pencegahannya

Menurut sebuah penelitian yang dikutip oleh National Library of Medicine, harga tersebut menjadikan Hemgenix obat termahal di dunia. Harga itu bahkan melampaui terapi gen Zolgensma Novartis untuk atrofi otot tulang belakang (SMA), yang harganya sekitar US$2 juta per dosis.

Seperti kebanyakan obat-obatan di A.S., sebagian besar biaya pengobatan baru akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, bukan pasien, termasuk program swasta dan program pemerintah. Setelah beberapa dekade penelitian, terapi gen telah mulai membentuk kembali pengobatan kanker dan penyakit langka yang diturunkan dengan obat-obatan yang dapat memodifikasi atau memperbaiki mutasi yang tertanam dalam kode genetik manusia.

Hemgenix adalah pengobatan pertama untuk hemofilia dan beberapa pembuat obat lain sedang mengerjakan terapi gen untuk bentuk gangguan yang lebih umum, hemofilia A. “Persetujuan hari ini memberikan pilihan pengobatan baru untuk pasien dengan hemofilia B dan merupakan kemajuan penting dalam pengembangan terapi inovatif,” kata Dr. Peter Marks dari FDA sebagaimana dilansir dari CBS News.

Baca Juga Yang Hilang Kembali Mengancam, KLB Polio Setelah 8 Tahun Bebas Polio

Agensi tidak merinci berapa lama obat itu bekerja. Tapi CSL Behring mengatakan obat akan mengurangi perdarahan dan peningkatan pembekuan darah selama bertahun-tahun.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Dia Obat Termahal di Dunia, Harganya Rp52 Miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya