SOLOPOS.COM - Antrean di depan loket Pegadaian Purwotomo, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Selasa (28/3/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Investasi dan tabungan emas di PT Pegadaian (Persero) masih tetap diminati warga Solo meskipun harga belinya sedang tinggi. Di sisi lain, para pemiliki invetasi dan tabungan emas Pegadaian juga mulai menggadaikan emasnya mendekati Lebaran tahun ini.

Bagi mereka yang mengambil investasi emas, rata-rata membeli emas mulai dari 10 gram hingga di atas 100 gram. Sedangkan untuk tabungan emas, rata-rata menabung mulai dari Rp10.000.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Bagian Investasi Emas Pegadaian Purwotomo, Yunus, kepada Solopos.com Selasa (28/3/2023), peminat investasi dan tabungan emas Pegadaian terus meningkat di Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk saat ini peminatnya banyak, dari skala tabungan emas, investasi emas, cicilan emas sampai gadai emas. Mengambilnya ada yang 10 gram, 100 gram sampai di atas 100 gram kalau untuk investasinya. Untuk nominal tanda jadinya Rp100.000,” jelas Yunus.

Sedangkan menurut pegawai Pegadaian Purwotomo, Taufan Ramadhan, investasi dan tabungan emas Pegadaian memiliki keunggulan dan pasarnya masing-masing. Produk-produk tersebut, bisa dilihat melalui aplikasi milik Pegadaian.

“Kalau yang pemula atau kecil-kecil nominalnya, bisa melalui tabungan emas, jadi mencicil minimal Rp10.000, nanti ketika diakumulasikan untuk membeli emas satu gram baru nanti tercatat di aplikasi. Kalau yang langsung emas per gram bisa melalui investasi emas, nanti akan diberikan wujud emas murni 24 karat bersertifikat dari Galeri24, dengan jumlah gram yang dibeli,” jelasnya.

Memasuki Ramadan, Taufan menyebut banyak yang menggadaikan emas investasi dan tabungan mereka untuk modal saat Lebaran. Nantinya, mereka akan kembali menebus emas tersebut pasca Lebaran.

“Bisa digadaikan langsung melalui aplikasi kami secara langsung dan nominalnya menyesuaikan dari harga emas hari itu. Biasanya memang ramai saat mendekati Lebaran, dan biasanya ditebus kalau sudah mulai gajian lagi,” ucapnya.

Salah satu yang menggadaikan produk emas miliknya adalah Nur Ikhsan. Ia menggadaikan tabungan emas miliknya sebanyak 10 gram untuk membeli kebutuhan jelang Lebaran.

Emas tersebut ia tabung Tabungan Emas Pegadaian sejak tahun 2018.

“Tahun ini baru pertama menggadaikan emas milik saya, memang bisa melalui aplikasi, tetapi karena baru pertama kali dan takut salah jadi saya memilih ke sini. Sekarang nominal tabungan emas saya 150 gram dalam bentuk saldo, lebih mudah menabung emas karena enggak ada potongan administrasi seperti di bank,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya