SOLOPOS.COM - Petani cabai di wilayah Jaten, Kabupaten Karanganyar tengah mengecek cabai di ladang pada Jumat (10/6/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Petani di Kabupaten Karanganyar waswas cabai yang mereka tanam menjadi incaran pencurian. Para petani bahkan rela begadang di ladang demi menjaga tanaman cabai mereka aman dari aksi si tangan jahil.

Salah satunya petani cabai di Desa Brujul, Kecamatan Jaten, Manto, 45. Ia mengaku kerap bolak balik ke ladang hanya untuk mengawasi tanaman cabainya. “Kalau malam suka lek-lekan [begadang] di sini [ladang]. Takutnya ada yang metiki lombok,” katanya kepada Solopos.com, Jumat (10/6/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia khawatir ada pencuri memanfaatkan harga cabai yang sedang mahal dengan menggasaknya langsung di kebun petani. Saat ini ia tengah menunggu panen cabai. Diperkirakan dua hingga tiga hari mendatang ia sudah bisa panen.

“Lombok sekarang mahal. Banyak yang mengincar,” tuturnya.

Camat Jaten, Hari Purnomo, mengatakan kebun cabai di wilayahnya tidak terlalu banyak. Bahkan tidak ada petani khusus yang menanam cabai. Petani hanya menanami cabai pada sebagian lahannya. Komoditas tanaman pangan di wilayah Jaten mayoritas padi.

Baca Juga: Cabai Nyaris Rp100.000/Kg, Pemilik Warung Makan di Karanganyar Menjerit

“Di Jaten nyaris tidak ada petani cabai. Paling ada tanam cabai hanya sedikit. Itu saja memanfaatkan sebagian lahan,” katanya.

Diketahui saat ini harga cabai rawit merah di pasaran di Karanganyar menembus Rp100.000 per kilogram (kg). Harga tersebut tertinggi pada komoditas cabai.

Pedagang sayur keliling asal Karangpandan, Riyanto mengungkapkan harga cabai rawit di pasar tradisional sudah Rp100.000 per kilogram. Pembelian pun sampai ada yang dihitung per biji.

“Saya kulakan saja tadi pagi Rp100.000 per kilogram. Padahal dua hari lalu masih Rp95.000 per kilogramnya,” katanya.

Baca Juga: Harga Cabai di Karanganyar Meroket , Rawit yang Naiknya Paling Pedas

Ia mengambil stok dagangan tak terlalu banyak. Pada hari ini, ia hanya menyetok dua kilogram saja. Hingga siang, masih tersisa setengah kilogram. Jika dibanding saat harganya normal, ia bisa menjualnya sampai habis.

Selain harga cabai, bawang merah juga mengalami kenaikan. Harganya Rp40.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya