SOLOPOS.COM - Mobil dinas Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara)

Solopos.com, SOLO – Sebagai kepala negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki mobil dinas yang punya spesifikasi aman dan nyaman. Apa saja dan berapa harga mobil dinas Jokowi ini? Simak penjelasannya

Seperti di negara-negara lainnya, mobil Presiden Jokowi juga punya spesifikasi yang super aman dan tentu saja berkelas. Tampilannya mewah, nyaman dikendarai, dan yang paling penting adalah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan untuk melindungi kepala negara.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Fitur keselamatan yang penting ada pada mobil kepresidenan di antaranya adalah anti peluru, mesin dengan kubikasi yang besar, sistem udara khusus, dan lainnya. Mari kita simak mobil-mobil yang dipakai oleh Presiden Jokowi untuk perjalanan dinas.

Dikutip dari laman, Otoklix, sejumlah merek digunakan sebagai mobil Presiden Jokowi, mulai dari Mercy, Toyota, Lexus, sampai BMW.

 

1. Mercedes Benz S600 Guard

Mobil Presiden Jokowi pertama adalah Mercedes Benz S600 Guard. Meskipun mobil ini sudah dipakai sejak era Presiden SBY, tetapi masih sering digunakan juga oleh Presiden Jokowi.

Bicara tentang performa, mobil ini punya spesifikasi yang tinggi. Mesin bensin V12 berkubikasi 6.000 cc disematkan pada mobil ini hingga menghasilkan tenaga sampai 530 tenaga kuda.

Torsi mesinnya mencapai 830 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 7G-Tronic. Sehingga bisa berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 210 km/jam. Dengan begitu, mobil ini bisa dibawa ngebut saat ada yang ingin mencelakai presiden.

Fitur-fitur canggih juga disematkan pada Mercedes Benz S600 Guard. Mulai dari adanya anti peluru yang bisa melindungi penumpang di jok belakang. Bahkan anti peluru ini bisa melindungi dari serangan senjata mesin M60.

Fitur anti peluru ini bisa melindungi penumpang sebab kaca mobilnya jauh lebih tebal daripada kaca mobil standar. Kacanya sangat berat hingga butuh alat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca.

Selain anti peluru, pada bagian bawah mobil Presiden Jokowi ini juga diberi pelat khusus sehingga bisa tahan dari alat peledak yang ditaruh di bawah mobil. Beralih ke bagian bawah, mobil ini menggunakan ban dengan teknologi antikempes (Run Flat Tyre) dari Michelin. Sehingga, meskipun tekanan bannya 0, mobil masih bisa berjalan sampai 30 km.

Fitur-fitur keselamatan lainnya yang terdapat di Mercedes Benz S600 Guard adalah bantuan kemudi DISTRONIC PLUS with Stop&Go, Active Blind Spot Assist, Active lane Keeping Assist, BAS Plus Brake, dan juga Pre-Safe Brake yang bisa mendeteksi rem parkir elektronik maupun pejalan kaki.

Selanjutnya, ada pula fitur Night View Assist Plus sehingga pengemudi bisa melihat objek di luar mobil meskipun dalam suasana gelap. Fitur tambahan lain adalah adanya sistem udara khusus sehingga tersedia oksigen meskipun di sekeliling mobil ada gas berbahaya.

Dengan fitur super aman dan canggih ini, Mercedes Benz S600 Guard dibanderol dengan harga Rp7,3 miliar.

 

2. Mercedes Benz L600 Pullman Guard

Masih dari Merci, Presiden Jokowi juga menggunakan model lain, yaitu Mercedes Benz L600 Pullman Guard. Spesifikasinya diklaim bahkan lebih tinggi daripada S600 guard.

 

3. Toyota Alphard

Mobil mewah dari Toyota ini pernah dipakai Presiden Jokowi salah satunya pada momen peresmian bendungan Tukul di Pacitan. Toyota Alphard yang tersedia di Indonesia tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu putih, abu-abu, cokelat, dan hitam.

Meskipun fitur keselamatannya tidak secanggih Mercedes Benz S600, tetapi MPV premium ini punya spesifikasi yang mumpuni dan tentunya menawarkan kenyamanan tingkat tinggi. Mobil ini dibekali dengan mesin V6 DOHC dengan kapasitas 3.5 liter. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 275 ps pada 6.200 rpm dan torsinya 34,7 Kgm. Meskipun mesinnya berkapasitas besar, tetapi Toyota Alphard cukup irit bahan bakar.

Interior mobil Presiden Jokowi ini bisa menampung sampai tujuh penumpang. Fitur hiburannya didukung oleh JBL. terdapat layar sentuh yang bisa memutar DVD dan juga sistem navigasi. Kemudian ada juga climate AC control yang bisa dioperasikan dengan sentuhan jari, sehingga suhunya merata untuk penumpang baris kedua dan ketiga.

 

4. Lexus LX570

SUV mewah yang dipakai oleh Presiden Jokowi ini adalah model LX570. Presiden Jokowi menggunakan mobil ini saat mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mobil ini dibekali oleh mesin berkapasitas 3.445 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 409 ho. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp3,09 miliar.

 

5. Toyota Land Cruiser 200

SUV lain yang pernah dipakai sebagai mobil Presiden Jokowi adalah Toyota Land Cruiser 200. Mobil ini sempat dipakai Jokowi saat meninjau proyek di Kalimantan. Mesin V8 Twin Turbo Diesel 4.500 cc disematkan pada mobil ini.



 

6. BMW 760Li Security

BMW Seri 7 ini juga pernah digunakan sebagai mobil Presiden Jokowi. Mobil ini telah memenuhi persyaratan tingkat perlindungan balistik VR9. Bodinya menggunakan bahan pelapis dengan perlindungan maksimum terhadap ledakan. Ketebalan kacanya mencapai 6 cm.

Fitur keselamatan lainnya adalah adanya intercom dengan mikrofon tersembunyi, sehingga bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan orang di luar mobil tanpa harus membuka pintu atau kaca mobil. Ada pula sistem pemadam kebakaran dengan sensor temperatur dan sensor gas untuk melindungi dari serangan senjata gas.

Mobil ini bisa berlari sampai 210 km/jam. Mesinnya menggunakan V12 6.0 Liter 12 silinder. Akselerasinya dari 0-100 km/jam ditempuh hanya dalam waktu 6.2 detik. BMW 760Li Security dibanderol dengan harga sekitar Rp3,4 miliar pada tahun 2011-an.

 

7. BMW X5 Security

BMW X5 menggunakan sistem penggerak empat roda atau 4WD. Mesin berkapasitas 3.0 liter disematkan dan dikombinasikan dengan sistem transmisi otomatis. Berbeda dengan BMW X5 biasa, versi khusus proteksi ini dilengkapi dengan ketebalan kaca berukuran 33 mm.

Bodinya juga dilengkapi dengan material balistik VR 6. Dengan material ini, BMW X5 Security aman terhadap terjangan peluru dan juga ledakan TNT dari jarak 4 meter. Bagian bawahnya juga dilengkapi dengan proteksi dari ledakan granat. Harga mobil Presiden Jokowi ini tidak terekspos karena mobil ini dibuat sesuai pesanan konsumen.

 

8. Volkswagen Caravelle

Mobil produksi Eropa ini juga jadi salah satu mobil Presiden Jokowi. Meskipun tidak segesit mobil sedan, tetapi VW Caravelle ini cukup gesit untuk sejenis minibus. Sehingga bisa mengikuti rangkaian konvoi dengan kecepatan tinggi.

 

Demikian mobil dinas Presiden Jokowi dan sebagian harga yang terekspos.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya