SOLOPOS.COM - Ilustrasi harga minyak (Antara)

Ilustrasi harga minyak naik. (Antara)

NEW YORK--Minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) naik pada hari ketiga di tengah kekhawatiran adanya serangan terhadap Suriah akan meningkatkan ketegangan di Timur Tengah dan mengganggu pasokan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diperdagangan London, minyak mentah Brent North Sea juga mencatatkan kenaikan.

WTI naik 1,4% di New York setelah kantor berita negara Suriah mengatakan pesawat Israel menyerang sebuah pusat penelitian militer di pinggiran Damaskus, Minggu (5/5/2013).

Berdasarkan Statistica Review of World Energy BP Plc, Timur Tengah diketahui menyumbang 33% dari produksi minyak mentah global pada 2011.

“Penyerangan Israel di Suriah bisa diinterpretasikan sebagai situasi yang lebih bahaya di Timur Tengah dan beberapa premi risiko yang dapat mendorong harga. Pasar minyak akan bereaksi kapanpun ketika ada masalah di Timur Tengah,” ungkap Kepala Konsultan Manaar Energy Consulting and Project Management Robin Mills, seperti dikutip Bloomberg, Senin (6/5/2013).

WTI untuk pengiriman Juni naik US$1,36 ke US$96,97 per barel dan berada di level US$96,93 pukul 09.37 waktu Sydney. Volume semua kontrak yang diperdagangkan ini sejalan dengan rata-rata 100 hari. Adapun Brent untuk pengiriman Juni naik US$1,16 atau 1,1% ke level US$105,35 per barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya