Harga Minyak Goreng, Ritel Modern di DIY Terapkan Rp14.000

Kebijakan satu harga minyak goreng Rp14.000 kemasan liter mulai berlaku di ritel modern di DIY.

 Ilustrasi minyak goreng. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minyak goreng. (Freepik)

Solopos.com, JOGJA — Kebijakan satu harga minyak goreng Rp14.000 kemasan liter mulai berlaku di ritel modern di DIY. Meski begitu untuk harga di pasar tradisional masih stabil tinggi.

“Di ritel modern pengawasan kami sudah mulai berlaku Rp14.000/liter untuk semua merek minyak goreng, sesuai kebijakan Kementerian Perdagangan [Kemendag]. Pasar tradisional belum, karena mekanismenya lain dengan toko jejaring,” ucap Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto, Rabu (19/1/2022).

PromosiPencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Yanto mengatakan untuk penyesuaian harga di pasar tradisional memerlukan waktu. Saat ini harga di pasar tradisional masih Rp19.000/liter. “Semoga nanti segera penyesuaian, ini kan sampai Juni juga penerapan satu harga Rp14.000/liter,” ucap Yanto.

Baca juga: Minyak Goreng Rp14.000 per Liter, Mendag Minta Tak Ada Panic Buying

Untuk menurunkan harga minyak goreng di pasaran, Disperindag DIY berencana menggelar Operasi Pasar (OP). Namun, untuk pelaksanaan masih menunggu distribusi dari Pemerintah Pusat. Diharapkan Kamis (20/1) atau Jumat (21/1) pasokan dari Pemerintah Pusat masuk.

“Untuk masyarakat juga tidak perlu panic buying, karena ketersediaan masih mencukupi. Untuk pedagang di pasar mungkin bisa berkoordinasi dengan distributor atau supplier, untuk penyesuaian harga ini,” ujar Yanto.

Di ritel modern, seperti Alfamart menyediakan minyak goreng dengan harga Rp14.000 per liter mulai Rabu (19/1). Program Minyak Goreng Satu Harga sesuai dengan kebijakan Kemendag. Agar para peritel bisa menjual minyak goreng baik kemasan premium dan kemasan sederhana dengan harga setara yakni Rp14.000 per liternya.

Baca juga: Mendag Beri Izin Impor 3 Komoditas Pangan, Ini Tujuannya

“Harga minyak goreng ini merupakan subsidi pemerintah tujuannya untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta pelaku UMKM. Jaringan minimarket Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia mendukung program pemerintah ini,” ucap Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman.

Melihat tujuannya untuk pengguna akhir, maka konsumen diharap membeli dalam jumlah wajar, tidak perlu panic buying karena pemerintah menjamin stoknya. “Konsumen kami himbau untuk membeli sesuai keperluan, agar tujuan satu harga ini bisa tercapai yakni distribusi kepada konsumen akhir secara merata,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, harga tersebut berlaku untuk semua merk dan kemasan minyak goreng, peritel dapat mensuplai barang ke toko sesuai dengan kebutuhannya.

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Investasi di GOTO Bukan Cari Cuan tapi untuk Prospek ke Depan

Dengan bergabungnya perusahaan dalam ekosistem GoTo, diharapkan bisa memperluas kolaborasi dan kerjasama strategis yang semakin meningkatkan value added bagi kedua belah pihak.

Peluang Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda

Ada berbagai ide usaha yang cocok untuk anak muda. Bisnis-bisnis itu tidak hanya populer, tapi juga punya peluang keuntungan yang besar.

Tarif Listrik Pelanggan 3.000 VA Naik Kapan? Ini Penjelasan Menkeu

Pemerintah menegaskan kenaikan tarif dasar listrik atau TDL bagi pelanggan 3.000 Volt Ampere (VA) ke atas bertujuan menjaga daya beli masyarakat.

The Sunan Hotel Solo Kembali Sabet Travelers’ Choice Award 2022

Travelers’ Choice Award 2022 merepresentasikan prestasi The Sunan Hotel Solo yang mampu mempertahankan konsistensi dan kualitas pelayanan terhadap para tamu.

Keran Ekspor CPO Dibuka, Pengusaha Tunggu Regulasi

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) masih bersiap karena menunggu arahan dari Kementerian Perdagangan terkait regulasi dari domestic market obligation (DPO) dan domestic price obligation (DPO).

The Alana Surabaya Ikut Memeriahkan HUT ke-729 Kota Surabaya

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-729 Kota Surabaya, The Alana Surabaya mengajak tamu untuk bernostalgia serta menjelajahi wisata dan kuliner khas Kota Surabaya.

NeutraDC, Momentum Tepat Telkom Kembangkan Bisnis Data Center

Bisnis data center melalui NeutraDC milik Telkom merupakan momentum tepat untuk menjadikan perusahaan Digital Telco Company yang ikut mendorong kemajuan ekonomi digital nasional.

Keran Ekspor CPO Dibuka, Harga Minyak Goreng Kemasan dan Curah Turun?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut larangan ekspor CPO dan minyak goreng. Lantas apakah kebijakan itu memengaruhi harga minyak goreng curah maupun minyak goreng kemasan?

Indef: Pemerintah Harus Beri Kepastian Pembayaran Kompensasi BBM

Peneliti Indef menyatakan pemerintah harus segera memberi kompensasi kepada Pertamina terkait subsidi BBM dan elpiji yang saat ini telah mencapai Rp300-an triliun

Subsidi Energi Ditambah, Erick Thohir: Bukti Kehadiran Pemerintah

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan penambahan subsidi energi yang diajukan Menkeu sebagai bukti kehadiran pemerintah di masyarakat.

Pengembang Sepakat Tunda Kenaikan Harga Rumah Nonsubsidi, Ini Alasannya

Ketua Umum REI Paulus Totok Lusida mengatakan para anggotanya sudah sepakat untuk menahan harga jual rumah nonsubsidi hingga pada akhir tahun ini.

Alhamdulillah, Harga Tandan Buah Segar Sawit Merangkak Naik

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) melaporkan TBS di tingkat petani, baik swadaya maupun plasma (bermitra), sudah mulai bergerak positif meskipun masih sedikit kenaikannya.

Akhir Pekan, Rupiah Menguat di Posisi Rp14.642 Per Dolar AS

Kurs rupiah menguat pada penutupan perdagangan akhir pekan, Jumat (20/5/2022). Penguatan juga terpantau pada beberapa mata uang lain di kawasan Asia.

GOTO Tawarkan Private Placement, Nominal Per Lembar Saham Rp1

Penambahan saham baru sebanyak-banyaknya sebesar 118.436.392.950 lembar saham seri A atau maksimum 10% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan yang berjumlah 1,18 triliun lembar saham

Juni 2022 Harga Rumah Subsidi Naik 7 Persen, Begini Respons REI

REI belum bisa memastikan apakah harga rumah subsidi naik 7 persen pada Juni 2022 karena masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK).