SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Minyak Dunia JIBI/Harian Jogja/Reuters

Harga minyak dunia kembali turun keeenam enam berturut-turut.

Solopos.com, JAKARTA — Harga minyak mentah turun lagi pada Sabtu (8/8/2015) pagi WIB. Dengan ini, harga minyak mentah turun keenam pekan berturut-turut, yang dibanjiri kekhawatiran tentang kelebihan pasokan global.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Antara, Sabtu, patokan Amerika Serikat (AS), minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September, turun 79 sen menjadi ditutup pada US$43,87 per barel di New York Mercantile Exchange, membawa kerugian mingguan lebih dari tiga dolar AS.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk September, patokan internasional, berakhir pada US$48,61 per barel, turun 91 sen dari penutupan Kamis.

“Pasar terus mundur,” kata Gene McGillian dari Tradition Energy.

“Faktor yang sama telah mendorong penurunan ke posisi terendah enam bulan untuk Brent dan terendah empat bulan untuk WTI, yaitu kekhawatiran tentang kelebihan persediaan dan menurunnya tingkat permintaan, terutama dari Tiongkok.”

Kontrak berjangka AS, yang stabil di sekitar US$60 per barel pada akhir April, Mei dan Juni, telah jatuh ke tingkat yang terakhir terlihat pada Maret dan mendekati tingkat terendah dalam lebih dari enam tahun.

Amerika Serikat dan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) adalah kontributor utama terhadap melimpahnya pasokan global, karena mereka terus meningkatkan produksi minyak mentah.

Berpotensi memicu kekhawatiran lebih besar tentang produksi Amerika yang kuat, setelah pemerintah pada Rabu melaporkan kenaikan produksi minyak pekan lalu, adalah data terbaru jumlah rig minyak AS dari Baker Hughes.

Sementara itu, Moodys Analytics menurunkan proyeksi harga minyak untuk akhir tahun ini menjadi US$65 dari US$80.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya