SOLOPOS.COM - Ilustrasi kilang minyak. (JIBI/Antara/Xinhua)

Harga minyak dunia naik 6% hari ini.

Solopos.com, NEW YORK – Harga minyak dunia naik 6% pada perdagangan semalam di pasar New York, Amerika Serikat (AS), akibat spekulasi turunnya produksi shale oil di AS. Di pasar Asia, harga minyak juga naik di awal pekan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angka operasi alat pengeboran minyak di AS turun menjadi yang terendah sejak Desember 2009 llau. Selain itu, harga minyak juga naik setelah International Energy Agency mengumumkan, produksi shale oil di AS akan turun 600.000 barel per hari tahun ini, dan 200.000 barel per hari di 2017.

Dilansir dari Reuters, Selasa (23/2/2016), harga kontrak berjangka minyak produksi AS naik US$ 1,84/barel atau 6%, menjadi US$ 31,48/barel. Sementara minyak jenis Brent harga kontrak berjangkanya naik US$ 1,68/barel atau 5%, ke US$ 34,69/barel.

Kenaikan harga minyak ini turut mengerek kenaikan bursa saham, seperti yang terjadi pada bursa Wall Street semalam.

Harga minyak pulih sejak pekan lalu, setelah Arab Saudi, Qatar, Venezuela, dan Rusia berencana menahan produksi minyak ke tingkat yang sama dengan produksi Januari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya