Harga Makin Tinggi, Investasi Emas Kian Diminati

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Tren pembelian emas logam mulia di Soloraya melejit seiring dengan melambungnya harga emas batangan milik PT Aneka Tambang (Antam) selama Juni 2019 ini. Pegadaian Cokronegaran Solo melalui Galeri 24 yang menyediakan aneka produk emas sukses menjual emas batangan sebanyak 9 kilogram pada periode Januari – Juni 2019.

Pengelola Distro Galeri 24 Pegadaian Cokronegaran, Noorfi Kisoworo Wati, mengatakan kenaikan harga emas batangan justru memicu masyarakat untuk berinvestasi. Menurutnya, tren pembelian emas in semakin naik setiap bulannya.

“Harga emas dari hari ke hari makin naik. Kondisi ini justru membuat semakin banyak masyarakat yang membeli emas. Mindset mereka sudah berubah, yakni dari menabung uang menjadi investasi emas yang dinilai lebih menguntungkan,” ujarnya, kepada Solopos.com, Selasa (25/6/2019).

Noorfi memaparkan hingga 24 Juni 2019, Galeri 24 Pegadaian Cokronegaran Solo sudah menjual sebanyak 9 kilogram emas batangan senilai Rp643 juta (Rp715.000/gram). Sedangkan setiap bulannya rata-rata menjual 1,5 kg emas. Sementara produk emas batangan yang laris manis adalah seberat 1 gram, 5 gram, dan 10 gram.

Adapun harga logam mulia di Galeri 24 per Selasa (25/6/2019), untuk emas Antam 1 gram senilai Rp715.000 dan Rp681.000 untuk emas UBS. Sementara untuk harga buyback 1 gram emas Antam Rp632.000 dan Rp630.000 untuk emas UBS.

Di sisi lain, tren harga emas melejit dalam sepekan terakhir. Dilansir dari harga-emas.org, harga jual emas pada 18 Juni sebesar Rp682.000 dan harga beli Rp611.000/gram. Angka ini terus naik hingga Selasa (25/6/2019), mencatat harga jual Rp713.000 dan harga beli Rp642.000. Sementara tren harga emas dalam kurun waktu setahun terakhir naik 10,71%, yakni pada 24 Juni 2018 senilai Rp644.000/gram dan sekarang 25 Juni 2019 Rp713.000/gram.

“Apalagi sekarang investasi emas kian mudah. Misalnya, di Galeri 24 ada produk emas batangan, perhiasan, dan batu mulia. Khusus emas batangan, kami ready mulai 0,5 gram hingga 100 gram,” imbuhnya.

Menurutnya, kenaikan harga emas ini dipicu beberapa faktor. Antara lain, tingginya harga emas dunia, harga dollar, hingga kelangkaan produk. Saking tingginya minat konsumen terhadap investasi emas, setok emas batangan untuk berat tertentu sempat habis beberapa waktu lalu.

Kepala Pegadaian Cokronegaran Solo, Joko Wiratno, menambahkan berinvestasi emas ini semakin mudah dengan adanya sejumlah program investasi emas. Antara lain, Mulia yakni layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau pun angsuran. Menurutnya, keunggulan lainnya dengan sistem angsur uang muka mulai 10% – 90% dari nilai logam mulia serta jangka waktu 3 bulan sampai 36 bulan.

Adapula tabungan emas yang merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dan harga terjangkau. Layanan ini bisa Top Up saldo secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service dan pembelian emas mulai dari berat 0,01 gram.

“Tabungan emas ini bisa diambil dalam uang tunai maupun cetak emas mulai berat 1,1 gram,” katanya.

Joko menjelaskan tak hanya pembelian dan penjualan emas yang tinggi, gadai emas pun demikian. Menurutnya, sekarang ini momen masyarakat butuh uang untuk pendidikan anak. Sementara banyak juga pedagang yang menebus emasnya setelah digadaikan untuk keperluan usaha saat Lebaran.

Sementara itu, salah satu nasabah Pegadaian, Handayani, mengaku sempat berniat untuk buyback emas Antam yang sudah dibelinya menilik harga emas yang kian melambung. Namun demikian, ia mesti menghitung terlebih dahulu untung dari hasil buyback tersebut.

“Saya mending hitung dulu. Kalau untung buyback emas bisa untuk bayar DP angsuran lagi ya saya jual. Akan tetapi, kalau nilainya sama ya saya simpan dulu,” ujarnya.

Karyawan swasta asal Sukoharjo ini kerap membeli emas batangan Antam dengan cara mengangsur. Ia biasa membeli seberat 5 gram dengan tenor 6 bulan. Ia memilih emas Antam lantaran produknya bagus dan bersertifikat sehingga bisa dijual di mana pun.

“Saya lihat peluang dulu nilai untungnya banyak enggak. Kalau selisihnya bisa untuk DP kredit emas lagi ya lumayan,” jelasnya. 

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Wuih Keren! BTS Kembali Tampil di Markas PBB

Tak hanya menyampaikan pidato, BTS juga menyanyi Permission to Dance di Markas Besar PBB.

Ibu Mertua Mantan Presiden SBY Berpulang di Usia 91 Tahun

Kendati begitu tidak disebutkan secara detail sakit yang diderita almarhumah.

Persijap Jepara Pun Targetkan Juara Liga 2

Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mematok target tinggi Persijap Jepara juara Liga 2 2021.

Menggali Nilai-Nilai Pancasila dan Kebajikan Hidup dari Kota Lama Semarang

Direktorat Informasi dan Kominikasi Publik menggelar dialog interaktif menggali nilai-nilai Pancasila dan pelestarian dari Kota Lama Semarang.

Pemain Muda Dominasi Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia

Rionny Mainaky mengaku percaya dengan kemampuan para young guns untuk unjuk gigi di Piala Thomas dan Piala Uber.

Warga Lereng Merapi-Merbabu Jadi Sasaran Vaksinasi, Segini Kuotanya

Percepatan vaksinasi direncanakan kembali dilakukan di Kecamatan Selo pada Selasa (21/9/2021). Vaksinasi akan dilakukan di semua desa dengan jumlah sasaran sekitar 1.500 sasaran.

Manga One Piece 1026 Lanjutkan Pertarungan Kaido

Dalam bagian awal manga One Piece 1026, kemungkinan pertarungan tiga lawan satu akan terjadi.

Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3

Pemain maupun pelaksana pertandingan Liga 2 harus diseleksi lewat aplikasi PeduliLindungi.

Geram Proyek GOR Indoor Manahan Tak Selesai, DPRD Solo: Jangan Terulang Lagi!

Pimpinan DPRD Solo geram dengan pelaksanaan proyek lanjutan GOR Indoor Manahan yang tak selesai sesuai target.

Luhut Restui Liga 2 Bergulir 26 September

Liga 2 digelar di kabupaten atau kota dengan status PPKM Level 2 dan 3.

Pameran UVO 2021, Perajin : Lebih Praktis, Bisa Promosi dari Rumah

Para perajin usaha kecil menengah (UKM), merasa terbantu dengan gelaran UKM Virtual Expo (UVO) II 2021 yang diselenggarakan Pemprov Jateng.

Coldplay Tiba-Tiba Colek Presiden Jokowi di Twitter, Ada Apa?

Band asal Inggirs, Coldplay lewat cuitan Twitter mengajak Presiden Jokowi untuk mengikuti Acara Global Citizen Live.

Liga 2 Kian Dekat, Tunggakan Gaji Pemain Persis Solo Musim Lalu Belum Beres

Manajemen Persis Solo musim lalu menunggak gaji 18 pemain sekitar enam bulan.

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Seperti Diidap Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin

Mantan atlet bulutangkis Verawaty Fajrin didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak Maret 2020 lalu.

Diberi Gelar Kanjeng Pangeran, Gibran Juga Dapat Pesan ini Dari Raja Keraton Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat beberapa pesan dan arahan seusai menerima gelar Kanjeng Pangeran dari Raja Keraton Solo.

Suzuki Lakukan Product Quality Update Untuk Jimny

Terkait Product Quality Update, Suzuki akan melakukan perbaikan kualitas produk terhadap model Jimny yang dijual di Indonesia.