SOLOPOS.COM - Nelayan menimbangkan lobster hasil tangkapannya di TPI Pantai Baron. (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Meskipun sudah mulai panen lobster, nelayan menilai harga jual lobster belum menggairahkan.Pasalnya, harga lobster masih di bawah Rp250.000 per kilogram

Salah satu nelayan Pantai Baron Bardi menuturkan harga satu kilogram lobster saat ini berkisar Rp200.000 hingga Rp250.000. Padahal harga lobster biasanya bisa tembus Rp300.000 hingga Rp400.000 setiap kilogram.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

“Permintaan lobster masih sedikit. Kalau bagi kami, harga segitu termasuk belum bagus,” tutur dia usai menimbangkan lobsternya, Rabu (13/11/2013).

Sektretaris Kelompok Nelayan Mina Samudra Winarto mengakui harga yang kurang bersaing. Pasalnya harga Rp200.000 hingga Rp250.000 belum seimbang dengan harga jaring untuk menangkap lobster.

“Satunya dijual dengan Rp150.000 padahal itu belum bisa digunakan. Kalau sudah jadi bisa sampai Rp250.000. Harganya memang belum termasuk tinggi tapi sudah stabil segitu,” tutur dia.

Setiap nelayan bisa membawa pulang lima kilogram hingga 10 kilogram lobster sekali berangkat. Selain memakai jaring, nelayan juga menangkap dengan teknik kerendet.

Salah satu petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantao Baron Wasiman menambahkan jenis lobster yang sering ditangkap nelayan yakni lobster batu dan pasir. Perolehan setiap harinya pun belum tergolong banyak karena baru diawal musim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya