SOLOPOS.COM - Ilustrasi kedelai impor. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pemerintah segera buka keran impor kedelai. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JOGJA-Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan menegaskan stok kedelai aman hingga akhir tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengantisipasi kekurangan pasokan dan menstabilkan harga, pemerintah telah menyepakati impor dengan mengeluarkan izin kepada 21 perusahaan. Badan Urusan Logistik (Bulog) mengaku tak memiliki persediaan dan tak mampu beli dari petani.

“Minggu ini kami akan mengeluarkan izin untuk mendatangkan kedelai dari luar negeri. Sudah ada 21 sampai 22 perusahaan yang menyampaikan permohonan ijin. Dan yang sudah saya sampaikan ke kantor Menko,” ujar Gita kepada wartawan usai menghadiri acara Indonesia Bersedekah di GOR Amongraga, Rabu (28/8/2013).

Jumlah pasokan kedelai yang akan segera diimpor dari luar negeri telah disepakati rencananya akan didatangkan sebanyak 550.000 ton sampai 600.000 ton.

Pasokan tersebut dipastikan dapat mencukupi kebutuhan kedelai nasional hingga akhir tahun. “Setiap tahunnya kurang lebih konsumsi kedelai sampai 2,5 juta ton,” tegas Gita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya