Harga Kedelai Melambung, Bakul Tahu di Sragen Mengeluh

Para bakul tahu di Sragen terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

 Bakul tahu di Pasar Bunder Sragen meladeni pembelinya di tengah harga kedelai yang melambung, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Bakul tahu di Pasar Bunder Sragen meladeni pembelinya di tengah harga kedelai yang melambung, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN–Para bakul tahu di Pasar Bunder Sragen mengeluh dengan harga kedelai impor yang melambung tinggi sejak dua pekan terakhir.

Harga kedelai yang awalnya Rp11.600/kg naik menjadi Rp12.800/kg. Mereka terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Seorang bakul tahu asal Teguhan, RT 009, Sragen Wetan, Sragen, Erna Wijayanti, 39, mengatakan harga kedelai naik sejak dua pekan terakhir.

Erna membeli kedelai itu sak-sakan. Setiap saknya berbobot 50 kg. Dia mengatakan biasanya beli satu sak itu Rp580.000/sak atau 11.600/kg sekarang harganya menjadi Rp640.000/kg atau Rp12.800/kg.

“Saya tidak tahu penyebab naiknya harga kedelai tersebut. Kemungkinan dolar naik kemudian harga kedelai ikut naik. Ini kan kedelai impor. Kami menyiasati dengan mengurangi takarannya. Biasanya satu sak jadi tujuh ember sekarang dibagi menjadi delapan ember. Ukuran tahunya menyesuaikan,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Mendorong Kedelai Lokal Naik Kelas

Dia mengatakan para bakul hanya bisa menyiasati karena kalau protes mau protes kepada siapa? Dia mengatakan dulu sudah protes seperti itu juga tidak ada solusi bagi para bakul. Dalam sehari, kata dia, biasanya bisa habis 100 kg.

“Para pembeli tidak mau kalau harganya naik. Bakul-bakul tahu ini susah. Harga kedelai naik, solar naik, kalau beli harus membawa surat izin usaha, kemudian harga sekam untuk memasak juga naik. Terpukul benar ini,” ujarnya seraya mengatakan dengan kondisi seperti itu yang penting usaha bakul tahu masih jalan.

Bakul tahu lainnya, Eny, mengatakan harga kedelai naik luar biasa. Sepekan yang lalu harga sudah Rp12.300/kg dan sekarang menjadi Rp12.700/kg. Masalahnya apa, Eny tidak mengetahui. Bagi Eny yang penting bakul masih jalan.

“Iya ukurannya jadi kecil meskipun pembeli juga mengeluh. Pembeli ya tetap beli walaupun mengeluh dengan ukuran yang kecil. Produksinya juga berkurang, awalnya 2,5 kuintal juga berkurang. Kalau saya belinya ton-tonan. Yang jelas setiap tonnya itu naik Rp350.000,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Nikahan Kaesang-Erina, Puluhan Pesawat Carter Mendarat di Bandara Adi Soemarmo

      Bandara Adi Soemarmo Solo mendapatkan konfirmasi lebih dari 30 pesawat carter atau jet pribadi akan mendarat di bandara tersebut mengangkut tamu acara nikahan Kaesang-Erina.

      Hilang Hampir Sebulan, Warga Jatisrono Wonogiri Ditemukan Meninggal di Hutan

      Seorang pria lanjut usia ditemukan meninggal dunia dalam keadaan membusuk di Kawasan Hutan Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Perhutani Plalar, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/12/2022) malam.

      Boyolali Segera Punya Perda Kawasan Tanpa Rokok, Sanksi Tegas Bagi Pelanggar

      Boyolali segera miliki Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

      Satpol PP Klaten Copoti Banner Dukungan Pencapresan Ganjar Pranowo

      Satpol PP dan Damkar Klaten mencopoti sejumlah banner dukungan pencapresan Ganjar Pranowo di Jl. Jogja-Solo, Jumat (9/12/2022).

      Batal Angkut Tamu Nikahan Kaesang di Solo, Tukang Becak Merasa Dianaktirikan

      Tukang becak di Kota Solo mengaku merasa dianaktirikan setelah dipastikan batal dipakai untuk mengangkut tamu nikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Kreatif! Siswa SDN 5 Juwangi Boyolali Bikin Gaun "Mewah" dari Barang Bekas

      SDN 5 Juwangi yang tergabung dalam komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Boyolali mengadakan School Expo, Kamis (8/12/2022)

      Tak Bayar Upah Sesuai UMK 2023, Pengusaha di Sragen Bisa Dipidana

      Disnaker Sragen menyosialisasikan UMK 2023 kepada pihak terkait. Perusahaan diminta taat dengan membayar upah sesuai UMK 2023 mulai tahun depan.

      Selamat! Kiai Haji Hartoyo Jadi Ketua MUI Klaten Periode 2022-2027

      Kiai Haji (KH) Hartoyo terpilih sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten periode 2022-2027.

      Berkah Nikahan Kaesang bagi Wulan, Dapat Order Karangan Bunga Sejumlah Kedubes

      Salah satu toko bunga di Pasar Kembang, Solo, mendapatkan berkah dari acara nikahan Kaesang-Erina karena mendapat banyak pesanan dari kedutaan besar sejumlah negara.

      Hindari Mangkunegaran Solo saat Nikahan Kaesang-Erina, Ini Jalur Pengalihannya

      Polda Jateng menyiapkan jalur-jalur pengalihan arus lalu lintas bagi warga untuk menghindari kepadatan di area sekitar Pura Mangkunegaran Solo saat acara nikahan Kaesang-Erina, Minggu (11/12/2022).

      Pilkades Sukoharjo Selesai Tanpa Kericuhan, Pelantikan Dijadwalkan 21 Desember

      Pilkades serentak di Sukoharjo diklaim kondusif tanpa laporan kericuhan.

      Kakung Sableng Klaten Ternyata Kepanjangan dari Kafe Ingkung Sambel Blenger

      Resto Kakung Sebleng berada di pinggir jalan raya, tepatnya di Jalan Kartini/By Pass No. 3, Warung Kidul, Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah.

      Periksa Dugaan Kecurangan Pemilihan Rektor, Ditjen Dikti Terjun ke UNS Solo

      Ditjen Dikti Kemendikbudristek turun langsung ke UNS Solo untuk melakukan audit dan pemeriksaan terkait adanya dugaan kecurangan dalam pemilihan Rektor periode 2023-2028.

      Batuan Purba Sepanjang 100 Meter di Bayat Klaten Ini Bernama Watu Sepur

      Wisata Watu Sepur di Klaten menyuguhkan pemandangan deretan bebatuan purba yang mirip dengan ombak sepanjang 100 meter.

      Tidak Kuat, Presiden Jokowi Gendong Kaesang secara Simbolis seusai Siraman 

      Seluruh prosesi siraman jelang pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022), berlangsung lancar.