SOLOPOS.COM - Pedagang menjual bawang merah di Pasar Beringharjo, Rabu (27/7/2016). Saat ini harga bawang merah mencapai Rp38.000 per kg. (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas bawang merah dan bawang putih melonjak tajam

Harianjogja.com, SLEMAN-Harga bawang merah dan bawang putih di pinggiran DIY  menembus Rp60.000 per kilogram (kg). Harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga komoditas di dalam Kota Jogja.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com di Pasar Prambanan Senin (14/11/2016), pedagang mulai menjual bawang merah dan bawang putih seharga Rp60.000 sejak sepakan kemarin.

Padahal sebelumnya mereka hanya menjual sekitar Rp40.000 per kg. Berbeda dengan harga di tiga pasar di Kota Jogja yaitu Demangan, Kranggan, dan Beringharjo, rata-rata harga bawang merah di tiga pasar tersebut hanya kisaran Rp38.000 per kg sementara bawang putih Rp35.000.

Mariam, salah satu pedagang di Pasar Prambanan tak tahu pasti penyebab semakin naiknya bawang merah dan bawang putih. Ia tidak habis pikir kenapa kedua komoditas itu bisa melambung harganya melebihi Rp50.000. Harga tersebut jauh di luar perkiraan pedagang karena selama ini harga bawang merah dan bawang putih paling mahal hanya Rp30.000.

“Pembeli ya sambat [mengeluh] tapi ya mau gimana lagi kalau saya pun kulakannya juga sudah mahal,” kata Mariam asal Berbah ini, Senin pagi.

Akibatnya, banyak pembeli yang akhirnya mengurangi porsi pembelian. Dari yang biasanya membeli 1 kg sekarang hanya 0,5 kg, dari 0,5 kg kini jadi 0,25 kg, dari 0,25 kg kini hanya jadi 1 ons. Hal ini juga terjadi untuk cabai rawit merah. Karena harganya yang terus naik, pembeli pun memilih membeli dalam jumlah sedikit.

Saat ini harga cabai rawit campur atau cabai rawit merah dan cabai rawit hijau sekitar Rp70.000 per kg. Dalam waktu seminggu ini, harga cabai rawit terus naik. Sekali naik bisa Rp5.000 per kg. “Sekarang sayuran yang murah cuma wortel. Cuma Rp5.000. Lainnya, mahal kabeh [semua],” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya