SOLOPOS.COM - Ilustrasi pedagang cabai (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harga kebutuhan pokok jenis cabai di Pasar Johar terus naik dalam sepekan terakhir.

Semarangpos.com, SEMARANG — Harga berbagai jenis cabai di Pasar Johar lama, Kota Semarang terus meningkat dalam sepekan terakhir. Jenis kebutuhan pokok warga pencinta pedas yang mengalami kenaikan harga paling mencolok mata adalah cabai rawit yang mengalami kenaikan Rp50.000 dari Rp70.000/kg menjadi 120.000/kg dalam kurun waktu sepekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Harga cabai naik, apapun jenisnya,” ungkap penjual sayur Pasar Johar, Wahyuni, yang diwawancarai Kantor Berita Antara di Semarang, Rabu (8/2/2017).

Pedagang yang mendapat pasokan sayur dari Bandungan dan Magelang tersebut mengatakan bahwa harga cabai merah besar juga naik dari Rp30.000/kg menjadi Rp45.000/kg sejak awal bulan ini. Sedangkan untuk cabai hijau besar yang sebelumnya di harga Rp15.000/kg sudah sepuluh hari ini naik menjadi Rp28.000/kg.

Cabai jenis lain, yaitu cabai rawit putih juga mengalami kenaikan dari Rp40.000/kg menjadi Rp65.000/kg sejak dua pekan lalu. Wahyuni mengatakan kenaikan harga bahan pangan kebutuhan pokok masyarakat tersebut disebabkan pasokan dari sejumlah sentra penghasil cabai berkurang.

Senada, pedagang lain Asih mengatakan harga cabai terus mengalami kenaikan. “Semua harga cabai naik. Cabai merah keriting kualitas bagus dulunya hanya Rp35.000/kg sekarang naik menjadi Rp50.000/kg. Kalau yang biasa dulunya Rp30.000/kg sekarang menjadi Rp45.000/kg. Keduanya mengalami kenaikan sejak sebulan ini,” katanya.

Penjual asal Boja tersebut juga mengatakan bahwa cabai hijau keriting naik sebesar Rp8.000/kg. Cabai tersebut sudah naik sejak sebulan yang lalu dari harga Rp15.000/kg menjadi Rp23.000/kg.

Pedagang yang sudah berjualan sayur selama lima tahun di Pasar Johar tersebut mengaku bahwa pembeli kebutuhan pokok mulai mengurangi pembelian cabai sejak harga cabai mengalami kenaikan. “Sebelum harga cabai naik, kebanyakan mereka beli cabai seperempat kilogram, namun kini mereka hanya beli 1 ons saja,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya