SOLOPOS.COM - Ilustrasi operasi pasar berbagai komoditas. (JIBI/Solopos/Antara/Syaiful Arif)

Harga kebutuhan pokok ditekan dengan pasar murah.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui tiga satuan kerja perangkat daerah akan menggelar pasar murah untuk mengantisipasi kenaikan harga berbagai jenis kebutuhan pokok yang terjadi setiap menjelang Lebaran 2015.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pada pasar murah yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Badan Ketahanan Pangan Jateng itu akan dijual sekitar 14.500 paket sembako,” kata Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Djoko Sutrisno di Semarang, Minggu (28/6/2015).

Ia menjelaskan bahwa Disperindag Jateng akan menggelar pasar murah di 12 lokasi yakni di kantor Badan Koordinasi Wilayah I sampai III dan sembilan lokasi di Kota Semarang dengan 8.000 paket sembako seharga Rp63.000 yang dijual Rp30.000. “Paket sembako itu berisi beras 2,5 kilogram, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, lima pak mi instan, serta kecap 200 mililiter,” ujarnya.

Pasar murah yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Jateng rencananya dilaksanakan di Gedung Gradika Bhakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, dengan jumlah paket sembako sebanyak 1.500 paket yang dijual Rp20.000 dan berisi beras 2,5 kg, 1 liter minyak goreng, serta 2 kg gula pasir.

Solo dan Semarang
Sementara itu, 4.500 paket sembako seharga Rp86.000 akan dijual Rp50.000 di pasar murah yang dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan Jateng di empat lokasi, yaitu dua lokasi di kompleks Tarubudaya Ungaran, Kabupaten Semarang, dan dua lokasi di Kota Solo.

Djoko mengimbau SKPD di 35 kabupaten/kota di Jateng juga menggelar pasar murah di masing-masing daerah agar dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam membeli kebutuhan pokok.

Menurut dia, selain kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok, hal yang perlu diantisipasi menjelang Lebaran adalah kelangkaan gas elpiji di pasaran. “Oleh karena itu, pemerintah kabupaten/kota juga diminta untuk tetap menjamin ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi barang-barang yang menjadi kebutuhan masyarakat lainnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya